Manajemen Sekolah Kunci Sukses Kualitas Pendidikan

0
17

Sekolah sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas pendidikan, karena di sekolahlah siswa sebagai produk pendidikan tersebut dibentuk. Untuk itu manajemen sekolah yang baik, transparan dan akuntabel menjadi kata kunci untuk menghasilkan kualitas pendidikan yang baik. Manajemen pendidikan di sekolah meliputi pengorganisasian seluruh sumber daya yang ada untuk mendidik dan mengajar siswa dalam rangka menghasilkan produk pendidikan yang berkualitas, mulai dari mengatur administrasi sekolah (meliputi administrasi peserta didik dan tenaga pendidik) yang tertib dan teratur, membentuk sistem kerja yang baik dan disiplin di sekolah, membenahi standar sarana dan prasarana sekolah yang relevan dengan kemajuan zaman, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah, termasuk melakukan pembimbingan dan pembinaan kepada guru-guru sebagai ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan anak didik.

Pendidikan kita bukan kekurangan dana, namun menurut saya pendidikan kita kekurangan manajerial yang berorientasi pada kemajuan sehingga sekolah-sekolah kita di seluruh penjuru negeri menjadi banyak yang salah urus. Para pengelola pendidikan di sekolah tidak transparan dalam melakukan pengelolaan dan pembiayaan pendidikan. Dana yang diberikan pemerintah kepada sekolah sudah layak untuk melakukan pembiayaan pendidikan yang berkualitas, bahkan pemerintah masih memberikan wewenang kepada sekolah untuk mencari dana lain untuk membiayai pendidikan di sekolah dengan segala aturan dan ketentuan yang berlaku, dan bukan hanya itu, di lapangan masih banyak sekolah yang melakukan pungutan kepada siswa yang sifatnya mengikat yang sebenarnya sudah dilarang pemerintah, namun meskipun begitu masih banyak sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana yang standar untuk pembelajaran di abad ini. Terus yang menjadi pertanyaannya kemanakah semua dana-dana pendidikan tersebut?

Memang sudah dibuat peraturan melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan bahwa pembiayaan sekolah harus transparan dengan mengumumkan penggunaan dana sekolah di papan pengumuman, namun aturan ini tidak memiliki sanksi yang tegas bagi sekolah-sekolah yang tidak mengumumkannya secara terbuka untuk publik, maka saran saya agar aturan tentang transparansi ini lebih ditegaskan lagi, dimana jika ada sekolah yang tidak mengumumkan penggunaan anggarannya secara terbuka maka ada sanksi pidana yang bisa menjerat pengguna anggarannya. Hal ini perlu dilakukan agar sekolah-sekolah bisa lebih terbuka sehingga pengelolaan pendidikan di tingkatan sekolah bisa lebih maju dan kreatifitas para tenaga pendidik bisa lebih terakomodir dalam memajukan pendidikan kita.

Realitas-realitas kondisi pendidikan kita di lapangan (sekolah) perlu diketahui agar kebijakan-kebijakan pendidikan kita menyentuh permasalahan sehingga pencapaian kualitas pendidikan kita dalam rangka menuju Indonesia Hebat bisa tercapai. Semoga Pendidikan kita bisa lebih baik di hari-hari yang akan datang dengan memastikan Manajemen di Sekolah bisa berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel.

Views All Time
Views All Time
28
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY