Manusia: Makhluk Belajar

0
4

Manusia yang diciptakan Allah memiliki banyak kesamaan dengan ciptaan lainnya, hewan dan tumbuhan. Terlebih hewan besar, banyak sekali hal yang sama, seperti sistim pencernaan, sistim reproduksi, sistim respirasi, dan lain sebagainya. Walau tidak sama persis, namun umumnya ada banyak hal dalam diri manusia tidak terlalu berbeda jauh dari kedua ciptaan lainnya.
Keunikan manusia terletak pada akal budinya. Manusia lebih tinggi, lebih hebat dan lebih berkuasa dari makluk lain karena memiliki akal budi.
Sekolah memacuh agar akal budi yang dimiliki manusia digunakan lebih sungguh. Dengan belajar di sekolah, seorang anak manusia menata diri untuk menjadi lebih manusiawi lagi. Ketika karena keinginan bebas membuat diri seorang manusia eolah tidak memiliki akal budi, pelajaran dan pendidikan yang diperolehnya menjadi modal baginya untuk lebih menata dirinya. Jika ada yang perlu dikoreksi, dievaluasi harus mendapat perhatian serius dari makhluk manusia yang berakal budi itu. Kalau ada hal yang menjadi kekuatan positif, itu dipertahankan, bahkan sebaiknya ditingkatkan lagi agar berdaya guna bagi kepentingan dan kebahagiaan manusia itu sendiri.
Pendidikan entah di dalam keluarga, di tengah masyarakat maupun yang bersifat formal di sekolah-sekolah tidak semuanya memberi jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi manusia di jaman ini. Namun setidaknya ilmu dan ketrampilan yang pernah dimiliki sebelumnya bisa menjadi modal dasar ketika dirinya menghadapi persoalan serius dalam hidupnya.
Ibarat kemampuan dan kelihaian teknik bermain bola kaki, tidak ada penilaian atas kemampuan berlari bagi seorang pemain bola kaki; Namun kebiasaan dan kesanggupan seseorang berlari menjadi modal untuk merebut bola yang sudah ditendang jauh dari posisi berdirinya. Demikianlah ilmu dan ketrampilan yang dimiliki dengan mengikuti aneka program sekolah formal akan menjadi modal dasar bagi permasalahan hidupnya pada masa yang akan datang. (bagian 1)

Views All Time
Views All Time
7
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY