Melahirkan Siswa yang Unggul Bidang Sains, Ini yang dilakukan MTsN 3 Mataram….

0
28

Salah satu program yang dijalankan oleh MTsN 3 Mataram adalah membuka kelas unggulan atau kelas prestasi yang disebut Kelas Uswah bagi siswa yang masih duduk di kelas VII dan VIII. Maknanya adalah siswa yang akan dijadikan dan dipersiapkan sebagai siswa percontohan dalam bidang akademik sains yang siap tampil dalam berbagai event lomba olimpiade sains.

Untuk mewujudkan program tersebut pada Jum’at (4/10/2019) MTsN 3 Mataram mengadakan tes seleksi peserta kelas uswah terhadap 178 orang siswa yang mendaftar dari kelas VII dan VIII. Kelas uswah yang diseleksi terdiridari bidang Matematika sebanyak 65 peserta, bidang IPA sebanyak 62 orang peserta dan bidang IPS sebanyak 51 orang peserta.

Ruang seleksi kelas uswah dibagi menjadi 6 (enam) ruangan, pada tiap ruangan terdiri dari 25 hingga 33 siswa peserta tes dan diawasi oleh seorang pengawas. Tes seleksi dilakukan secara tertulis sebanyak 25 soal pilihan ganda untuk masing-masing bidang yang harus dijawab oleh para peserta dengan waktu yang telah ditentukan.

Dalam kesempatan terpisah Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman dalam ruang kerjanya saat dikonfirmasi mengungkapkan setelah diadakan rukun kelas selama 3 (tiga) hari dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2019 bersama wali murid kelas VII, VIII dan IX, disampaikan beberapa program yang akan dijalankan oleh madrasah diantaranya Kelas Uswah, banyak orang tua murid setuju dan tertarik hingga mendorong anaknya untuk mendaftar.

“Dari hasil sosialisasi tersebut sebanyak 178 siswa antusias mendaftar untuk mengikuti seleksi Kelas Uswah yaitu kelas khusus atau kelas unggulan. Tujuannya, adalah mencari siswa memiliki kompetensi dalam dalam bidang sains dan bidang lainnya. Kegiatan dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit dan calon-calon perwakilan madrasah pada ajang event oliampiade sains” Jelas Suparman.

Setelah diadakan tes seleksi tambah Suparman bagi siswa yang memiliki nilai tertinggi di masing-masing bidang akan diberikan pembinaan khusus dari madrasah. Selain itu, pihaknya juga akan mendatangkan pembina dari luar yakni FKIP Unram maupun UIN Mataram.

“Pembinaan akan kami lakukan secara intensif dan kontinyu di Madrasah di luar jam formal, dengan harapan siswa yang sudah memiliki kemampuan pada bidang masing-masing siap tampil dalam berbagai event lomba seperti KSM dan sejenisnya baik tingkat Kota, Provinsi bahkan Nasional, Tidak asal main comot dengan tidak ada pembinaannya” ujar Suparman. (@ruslanwahid)

Salam literasi !!!

Views All Time
Views All Time
9
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY