Meluruskan Pemahaman Budaya Indonesia di Malaysia

0
18

Seperti kita ketahui, sering terjadi kesalahpahaman terhadap sasl usul budaya yang berkembang di alam Nusantara ini. Mobilitas antar masyarakat kedua negara sangat dinasis sehingga banyak masyarakat Indonesia seperti dari jawa, Aceh, Jambi, Makssar dan suku lainnya menetap dan bahkan menjadi warga negara Malaysia. Mereka semua membawa dan mengembangkan budaya leluhurnya di tempat baru.

Karena yang mengembangkan budaya suku di Indonesia adalah masyarakat suku itu yang sudah menjadi warga Malaysia, maka jadilah budaya tersebut milik masyarakat setempat karena budaya melekat dengan manusianya, akibatnya klaim budaya pu terjadi. Perselisihan ini sangat mengganggu hubungan diplomatik Indonesia-Malaysia.

Oleh karena itu, KBRI Kuala Lumpur berinisiatif memberikan penjelasan tentang sejarah budaya Indonesia melalui workshop seni budaya Indonesia lewat program Rumah Budaya Indonesia (RBI) di bawah Atase Pendidikan dan kebudayaan.

Sejak tahun 2015 hingga 2018, RBI memiliki kegiatan besar seperti workshop seni dan budaya bagi siswa dan mahassiwa Malaysia, menyelenggarakan acara pameran budaya, road show kebudayaan di Semenanjung Malaysia, dan pentas Malam Kebudayaan.

Inilah salah satu cara yang efektif dan bersifat soft diplomacy yang berkesan.

Sekadar berbagi dari IGI Malaysia

KL: 15082018

Views All Time
Views All Time
125
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY