Memahami Makna Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

0
8

(Refleksi Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019)

Hari ini, Selasa (01 Oktober 2019) bangsa Indonesia di seluruh tanah air memperingati sebuah tragesi yang bersejerah yaitu Peringatan hari kesaktian Pancasila dan  pada tahun ini akan mengambil tema, “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia“.

Pancasila adalah sebagai landasan ideologi bangsa Indonesia yang merupakan sumber utama hukum negara Indonesia. Sejarah mencatat bahwa Sejak tanggal 1 Maret 1945, pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sudah mengajukan pertanyaan penting tentang dasar Negara Indonesia. Hal tersebut memicu upaya untuk merumuskan Pancasila sebagai dasar negara resmi.

Dimulai pada pidato tentang ‘lima dasar’ oleh Muhammad Yamin hingga pidato pada tanggal 1 Juni 1945 yang berisi tentang ‘Lahirnya Pancasila yang dilakukan oleh Sukarno. Pada 22 Juni 1945 Pancasila kemudian disusun sehingga menjadi Piagam Jakarta pada 22 Juni 1945.

Pada 18 Agustus 1945, sehari setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Sukarno dan Hatta, Piagam Jakarta disahkan sebagai Pembukaan UUD 1945. Para pendiri bangsa kala itu menghapus 7 kata sila pertama dalam piagam Jakarta yakni: ‘… dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya’. Ketujuh kata itu mengikuti kata ‘Ketuhanan’ sehingga menjadi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dalam Pancasila.

Terjadinya Gerakan 30 S/PKI adalah sebuah tragedi yang sangat memberikan kesedihan yang luar biasa bagi masyarakat dan bangsa Indonesia karena erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S). Tragedi ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis.

Kegagalan PKI dalam mengubah unsur pancasila membuat pemerintah Orde baru menetapkan 30 September sebagai hari peringatan G30S/PKI dan sehari setelahnya yaitu pada 1 oktober secara resmi ditetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila.

  1. Selain mengetahui terjadinya G30S/PKI, kita juga perlu tahu apa makna kesaktian Pancasila. Kesaktian pancasila memiliki makna penting bagi seluruh warga Negara Indonesia, bahwa Pancasila merupakan pedoman serta dasar Negara yang tidak dapat dan tidak boleh diubah oleh siapapun.
  2. Makna kesaktian pancasila yang ke dua yaitu hari dimana seluruh anggota serta pejabat militer Indonesia atau TNI berkabung. Hal ini karena pada masa itu banyak sekali perwira TNI yang gugur dan hilang secara tiba- tiba.
  3. Penghormatan juga merupakan salah satu makna kesaktian pancasila, dimana setiap warga Negara Indonesia wajib melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi Pancasila.
  4. Adapun makna kesaktian Pancasila sebagai upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar Negara serta ideology bangsa. Pancasila sendiri memiliki peran penting sebagai pondasi dasar Negara Indonesia untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan.

Itulah empat makna kesaktian Pancasila yang utama, pancasila sendiri saat ini diwajibkan selain dibacakan saat Upacara wajib juga saat Upacara di hari penting seperti hari nasional dimana seluruh warga Negara Indonesia memperingatinya. Untuk selalu mengenang jasa para pahlawan dalam peristiwa G30SPKI, maka setiap tanggal 30 september juga diperingati sebagai hari G30SPKI.

Terakhir, ideologi Pancasila sebagai dasar negera wajib kita amankan dari berbagai rongrongan sehingga menjadikan negara ini aman sentosa dan sejahtera.

 

Views All Time
Views All Time
18
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY