Memaknai Hidup dan Kehidupan

0
11

(Refleksi Hari Ulang Tahun Ke-47 Tahun 2020)

Hari ini, Kamis (05/03/2020) bertepatan hari ulang tahun kelahiran penulis yang ke-47 tahun dan ternyata hakikat kehidupan ini adalah bergerak.

Sir Muhammad Iqbal seorang mujadid dari India pernah mengatakan bahwa “hakikat hidup adalah bergerak dan hukum hidup adalah menciptakan”.

Memang, kalau kita menyadari dengan hati yang dalam, seseorang dikatakan benar-benar hidup atau memiliki umur yang panjang adalah bergerak, bergerak dengan memiliki karya atau bermanfaat bagi orang lain. Sebagaimana kata Nabi Muhammad SAW. :”Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia yang lain”.

Di saat bertambahnya usia ini atau lebih tepatnya berkurangnya Jatah umur yang diberikan oleh Allah SWT., Maka tidak ada yang lebih bermakna dalam menjalani sisa hidup ini adalah mengisi dengan hal-hal yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain atau dengan salah satu cara dengan membuat sebuah karya seperti membuat sebuah buku atau tulisan-tulisan yang senantiasa dibaca dan menginspirasi orang lain.

Dengan tulisan yang monomental, hidup seseorang akan terasa lebih bermakna dan bermakna, dibandingkan dengan seseorang yang hidupnya hanya berisi dengan perjalanan keseharian saja, seperti setiap hari pergi ke kantor, ke sawah, atau ke sebuah perusahaan dengan aktivitas rutin tanpa makna sama sekali. Atau hanya hidupnya diisi dengan hal-hal yang sia-sia dan tidak berguna.

Semoga sisa umur yang Allah berikan kepada kita saat ini atau sisa jatah umur kita saat ini yang tidak banyak memberikan makna bagi keluarga, masyarakat dan bangsa serta negara tercinta ini.

Kahayangan, 5 Maret 2020

Views All Time
Views All Time
39
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY