Memaknai Kemerdekaan Dalam Bingkai NKRI

0
7

Hari ini, 17 Agustus 2019 adalah genap bangsa Indonesia 74 Tahun merdeka. Seluruh masyarakat Indonesia dengan suka cita memperingati Hari Kemerdekaannya dengan berbagai kegiatan dari upacara bendera sampai menggelar berbagai perlombaan Agustusan.

Memaknai hari kemerdekaan memang sebuah kewajiban bagi warga negera Indonesia karena betapa banyak nyawa yang telah dikorbankan oleh para pejuang negeri ini untuk memperoleh arti sebuah kemerdekaan.

Sebagai bangsa yang besar, tentu arti kemerdekaan bukan hanya sekadar melaksanakan upacara bendera atau menggelar berbagai perlombaan, akan tetapi harus dimaknai dengan penuh rasa syukur yang sesungguhnya. Artinya syukur yang benar yaitu mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang bermanfaat, aktivitas yang positif serta bermakna bagi orang banyak.

Kalau kita membandingkan perjuangan para pejuang zaman dulu sungguh sangat berat yaitu dengan mengangkat senjata berperang melawan para penjajah dan menumpahkan darah guna meraih kemerdekaan. Akan tetapi sekarang di era revolusi industri 4.0 tantangan kita lebih dahsyat lagi karena adanya perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dan kalau tidak bisa menyikapi akan berakibat rusaknya moral dan perilaku generasi muda sekarang.

Oleh karena itu, sangat tepat tema yang diangkat pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Hal ini menandai bahwa sumber daya manusia (SDM) adalah sangat penting dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang berkualitas dan maju. Tidak lain melalui peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Melalui pendidikan yang berkualitas, maka bangsa Indonesia akan menjadi maju dan akan dapat bersaing dengan negera-negara maju lainnya yang ada di dunia ini. Dengan semangat Hari kemerdekaan RI tahun 2019 ini mari kita bersama wujudkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan manusia-manusia yang unggul.

#opini_155#

Views All Time
Views All Time
11
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY