Membangun Kemandirian Siswa

0
7

Perubahan yang begitu cepat di Abad 21 ini menjadikan keadaan penuh dengan ketidakpastian, membuat sebagian siswa belum siap dalam menerima apa yang menjadi ketentuan dalam pembelajaran. Siswa harus lebih mandiri lebih semangat dalam memahami apa yang diberikan oleh guru. Tugas guru semakin berat dan harus menerapkan metode pembelajaran yang beragam, karena tidak semua siswa siap menerima perubahan.

Membangun siswa untuk lebih mengerti dan mandiri dalam belajar salah satunya adalah melakukan refleksi bersama. Yang harus diperhatikan dan dibangun dalam diri siswa oleh guru adalah yang pertama rasa percaya diri bagaimana menjadikan suri tauladan bagi siswa, menjadikan contoh nyata yang bisa diteladani, yang kedua membangun rasa optimis misalnya diberi tugas maka berarti merupakan sosok yang dipercaya, dan fokus pada bagaimana kamu bisa menyelesaikan tugas tersebut, yang ketiga menjadi jiwa yang mandiri dengan cara meyakini kegigihan dan kemandirian kita mendatangkan rasa ujub akan kemampuan diri dan kemandirian yang sejati membuat kita tawadhu selalu rendah hati, yang keempat membangun keyakinan diri bahwa hidup bukan untuk kompetisi tetapi hidup adalah keyakinan yang harus dipercaya ada Allah yang memberi kehidupan, yang kelima sadar akan kemampuan dan kekuatan yaitu mempunyai keyakinan akan kemampuan, kekuatan dan keterampilan yang dimilikinya, yang keenam keberanian terbuka dan percaya pada ilmu pengetahuan yaitu mempunyai pandangan yang luas akan ilmu pengetahuan dan keberanian untuk membuka potensi diri, yang ketujuh adalah dalam dekade terakhir ini kenyataan belajar dalam suatu keadaan masa pandemi dan dinamis dan global dimana saat ini kita hidup dalam zaman perubahan yang dinamis di seluruh belahan bumi secara bersama-sama. Mungkin masih banyak lagi yang mau tidak mau kita harus menyesuaikan diri dengan perubahan agar kehidupan kita tidak timpang.

Masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, tidak menutup diri dari dunia luar dengan tetap mempertahankan kearifan lokal untuk diperkenalkan dengan dunia luar yang semakin luas semakin global dalam meniti kehidupan penuh dengan keberagaman.

Demikian yang bisa saya tulis yang diambil dari berbagai sumber. Salam literasi…

Views All Time
Views All Time
64
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY