MENANTI KEPASTIAN TAHUN AJARAN BARU

0
47

Koran Banjarmasin Post pada Kamis, 14 Mei 2020 di halaman 13 menurunkan berita dengan judul “ Tahun Ajaran Baru Takk Diundur” dan subjudul “ Sekolah Mulai Buka Juli “. Dalam beritanya, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril mengatakan pihaknya tidak akan melakukan pengunduran tahun ajaran baru. Iwan mengatakan, saat ini pihaknya masih mengkaji model pembelajaran yang akan diterapkan apakah melalui daring atau tatap muka.

” Yang kami tahu pada saat ini diperkirakan Juli sudah oke ya, tapi siapa yang bisa memprediksi Covid-19 ini, mau oke atau tidak, “ ucap Iwan “

Pada pemberitaan selanjutnya, bahwa kepastian kapan dimulainya tahun ajaran baru masih tergantung dengan perkembangan dan kondisi pandemic Covid-19. Hal tersebut terungkap sebagaimana diungkapkan oleh Iwan Syahril, “ Yang kami tahu pada saat ini diperkirakan Juli sudah oke ya, tapi siapa yang bisa memprediksi Covid-19 ini, mau oke atau tidak, “ ucap Iwan.

Dalam upaya menyiapkan pelaksanaan tahun ajaran baru 2020/2021, beberapa sekolah sudah mulai melaksanakan persiapan dan bahkan pelaksanaan pendaftaran siswa baru. Menurut Koran tersebut pada halaman 8 yang menurunkan berita dengan judul “ Sekolah Siapkan Program Orangtua Asuh “ dan subjudul “ Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN/ SMKN Dimulai “.

”  Masih dijajaki kemungkinannya, terutama untuk daerah yang sudah dinyatakan aman dari Covid-19 oleh otoritas kesehatan, “ ujar Hamid kepada Tribunenews.com, Sabtu (9/5) “

Kemendikbud merencanakan akan membuka kembali sekolah pada Juli yang akan datang, meski hanya untuk wilayah yang telah dinyatakan bebas dari penyebaran virus corona. Hal ini ditegaskan oleh Plt Dirjen PAUD Dikdasmen, Hamid Muhammad dalam berita Koran tersebut,  “ Masih dijajaki kemungkinannya, terutama untuk daerah yang sudah dinyatakan aman dari Covid-19 oleh otoritas kesehatan, “ ujar Hamid kepada Tribunenews.com, Sabtu (9/5).

Tahun ajaran baru memang sudah diambang pintu. Pembelajaran yang selama beberapa bulan ini terhenti akan pendami Covid-19 praktis menghentikan aktivitas di sekolah lainnya, seperti ujian sekolah, ujian nasional, ulangan umum kenaikan kelas. Peserta didik terpaksa belajar mandiri di rumahnya masing-masing. Kenyataan tersebut membuat suasana yang tidak menyenangkan bagi banyak peserta didik yang ingin belajar dengan guru mereka di sekolah dan bertemu dengan teman-temannya.

Kepastian akan kembali sekolah pada tahun ajaran baru sangat diharapkan seiring berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda saat ini. Harapan yang sangat wajar bagi banyak peserta didik yang  sudah rindu kehidupan di sekolah sebagaiman biasanya. Semoga tahun ajaran baru dapat dinikmati kembali oleh peserta didik seperti tahun-tahun sebelumnya. Semoga.

#BangkitPendidikanIndonesia

#DirumahdanMenulisAja

 

Views All Time
Views All Time
37
Views Today
Views Today
1
Previous articleBAGAIMANA KRETERIA UNTUK MERAIH PREDIKAT SEKOLAH ADIWIYATA?
Next articleSMK Harusnya Jadi Jawaban Tantangan Dunia Kerja dan Usaha
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY