Sri Butsiningsih

Ketika mendengar kata Menemu Baling ini rasanya asing bagi teman – teman guru saya. Apasih Menemu Baling itu ? Nahh..itulah pertanyaan yang dilontarkan oleh teman – teman guru yang ikut Workshop Nasional yang mendaftar melalui saya ketika mereka melihat pamflet kegiatan yang di buat oleh dua teman hebat saya ( Pak Supriadi selaku ketua IGI Ketapang dan Pak Salahuddin selaku sekretaris IGI daerah Ketapang ). Pertanyaan yang sama juga diucapkan oleh beberapa guru yang melihat pamflet kegitan tersebut walaupun pada akhirnya mereka belum bisa bergabung dikarenakan adanya kegiatan – kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.
Melihat mereka mulai penasaran, saya menganjurkan supaya mereka mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan Workshop Nasional dengan tema “Program Literasi Produktif Berbasis IT dengan menggunakan Metode Menemu Baling” yang diadakan oleh Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) pada tanggal 25 Maret 2017 bertempat di Aula Jendral Ketahanan Pangan dan Perikanan, depan Kantor Bupati Ketapang yang bertepatan dengan pelantikan kepengurusan IGI daerah Kabupaten Ketapang.
Akhirnya beberapa dari mereka mendaftarkan diri untuk bisa ikut workshop ini. Dari sekolah saya sebenarnya ada 4 orang yang ikut, Cuma waktu hari H pelaksanaannya 2 orang berhalangan dikarenakan sakit. Waktu kegiatan dilaksanakan, saya melihat antusias para guru dalam mengikuti bagian demi bagian workshop ini. Setelah pelantikan kepengurusan IGI Kabupaten Ketapang, maka kegiatan diambil alih oleh Bapak Mampuono R. Tomoredjo selaku Sekretaris Jendral ( Sekjen ) IGI. Kemampuan beliau sudah tidak diragukan lagi karena pernah menjadi 7x juara nasional dan 1x juara internasional. Beliau juga menjadi pembicara di seminar Internasional SEAMEO. Ini adalah kunjungan pertama kali beliau ke Kabupaten Ketapang. Pada kunjungan ini beliau akan menyampaikan tentang Program Literasi Produktif Berbasis IT dengan Metode Menemu Baling.
Mengawali materi yang beliau bawakan, beliau menekankan agar para guru bisa memanfaatkan dan menggunakan kemajuan IT dalam dunia pendidikan. Setelah itu para peserta workshop di minta beliau untuk meggunakan Hp Android yang mereka bawa, di mana HP ini adalah salah satu syarat dari panitia supaya para peserta bisa mengikuti workshop tersebut.Kemudian beliau membagikan 5 aplikasi yang harus diterima oleh seluruh peserta workshop melalui Share It. Setelah menerima aplikasi tersebut semua guru yang mengikuti workshop ini diajarkan bagaimana cara kerjanya dan langsung dipraktekkan.
Hal ini merupakan ilmu yang luar biasa, karena betapa senangnya para guru setelah tau manfaatnya. Akhirnya terjawab sudah pertanyaan yang menggangu pikiran teman – teman guru saya tentang apa itu Menemu Baling, karena disini mereka langsung mempraktekkannya. Menemu baling adalah kata lain dari menulis dengan mulut dan membaca dengan telinga. Kok bisa?? Masa sih bisa begitu?? Karena sepengetahuan kita kalau menulis pasti ingat tangan bukannya mulut, sedangkan berbicara pasti menggunakan mulut bukan telinga. Disini kita di ajak untuk bisa membuka hati dan pikiran kita akan kemajuan zaman yang penting kita mau belajar. Bagi saya pribadi awalnya rasanya mustahil namun ketika dipelajari rupanya membuat asyik walaupun agak sulit. Namun saya disadarkan dan diingatkan kembali oleh perkataan Pak Mampuono R. Tomoredjo “ jangan kamu mengganggap hal –hal yang belum kamu bisa itu sulit tapi anggaplah itu tantangan yang harus kamu lakukan “. Tujuannya agar kita mau terus berusaha belajar dan tidak menyerah apabila kita kesulitan dalam belajar.
Setelah melakukan metode menemu baling menggunakan HP android masing – masing guru dibagi dalam kelompok dan mempresentasikan hasil kelompoknya di depan para guru lainnyasecara bergilir,walaupun tidak semua kelompok yang tampil karena keterbatasan waktu. Setelah kegiatan workshop ini selesai, ada satu teman guru datang menghampiri saya dan berkata : “ kak, beruntungnya saya bisa mengikuti kegiatan ini, rupanya acaranya luar biasa. Saya dapat ilmu baru”. Padahal dalam hati saya pun merasa sangat beruntung karena dapat ilmu baru juga, hahahaa…
Sukses terus untuk para guru. Terima kasih IGI.Terima kasih Pak Mampuono. Terima kasih khusus untuk Pak Gusti Suriah selaku Bendahara Umum ( Bendum ) IGI yang telah mengajarkan saya membuat gambar – gambar menarik melalui Tab A8. Tidak lupa terima kasih banyak kepada Bapak Mahrani Arifin, M.Pd selaku sekretaris wilayah Kalbar, yang telah melantik kami kepengurusan IGI Ketapang.Terima kasih juga kepada teman – teman pengurus IGI Ketapang.
Akhir kata majulah terus para guru, khususnya di daerah Kabupaten Ketapang. Mari kita sukseskan misi Bupati kita point yang ke 4 “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia” supaya anak didik kita juga bisa menjadi anak – anak hebat. Mari kita saling berbagi dan tumbuh bersama ( Sharring and Growing Together ) dalam belajar untuk kemajuan dunia pendidikan khususnya di daerah kita Kabupaten Ketapang.

Salam Literasi,

Views All Time
Views All Time
338
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY