MENGAJAR ONLINE SAAT MASA PANDEMI

0
72

Di masa  pandemi covid-19, hampir seluruh sendi kehidupan mengalami  dampaknya, dari politik, ekonomi, sosial, budaya, bahkan ideologi, kebangsaan, hingga pendidikan. Dampaknya bukan hanya berpengaruh lokal atau regional, tetapi internasional. Rata-rata sendi-sendi kehidupan mengalami kontraksi atau penurunan tajam terutama di bidang kesehatan dan ekonmi. Seluruh negara mengalami hal yang sama, bahkan beberapa negara tertentu mengalami dampak yang luar biasa. Sebagai contoh Amerika Serikat, sebagai salah satu negara terbesar dan termaju di dunia harus mengakui kehebatan pengaruh Covid-19. Dengan membaca data dan berita para pembaca tentu tidak asing lagi karena setiap hari berita selalu dihiasi dengan perkembangan Covid -19 yang tak kunjung selesai.

Dunia Pendidikan mengalami hal serupa, bahkan setelah sekian bulan dunia pendidikan tidak bisa berjalan normal. Bayangkan apabila dunia pendidikan dibuka seperti biasa, berapa lagi jumlah korban yang terpapar dan meninggal dunia akibat Covid.

Menghadapi hal tersebut, penulis pun harus berupaya bagaimana dapat membantu pemerintah, masyarakat, mencegah mewabahnya pandemi yang tak kunjung henti. Salah satunya adalah dengan Belajar Online, namun tidak seperti belajar online lainnya, karena penulis memahami dan menyadari bahwa banyaknya kendala yang dihadapi dalam pembelajaran online, dari sulitnya sinyal, belum pernah bertemu siswa yang diajar, keterbatasan fasilitas orang tua, serta masih banyak permasalahan lainnya, seperti kondisi geografis yang bervariasi, kemampuan sosial dan intelektual masyarakat. Apabila tidak cermat maka tidak sedikit guru yang terjebak dalam permasalahan tersebut, sehingga menambah beban orang tua, siswa maupun pendidikan itu sendiri. Dalam hal ini sebenarnya guru juga harus mampu bekreasi, berinovasi bagaimana cara terbaik dalam menjalankan pendidikan.

Setelah mengamati, mempelajari berbagai informasi cara belajar mengajar di masa pandemi dan banyaknya permasalahan yang dihadapi, akhirnya penulis berupaya mengajar dengan caranya sendiri, yaitu melalui blog yang dimiliki. Di mana di blog tersebut tersedia ruang khusus belajar di masa pandemi. Dari blog tersebut penulis dapat memantau kegiatan belajar siswa, dan diupayakan siswa tidak tertekan dan kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar atau bahkan siswa dapat belajar lebih mendalam dan luas melalui blog tersebut.        Kadang orang tua mengeluh karena anaknya harus menyelesaikan belajarnya pada jam yang telah ditentukan, hal itulah yang menambah panjang dari dampak covid 19. Apa yang penulis sajikan tidaklah demikian, tetapi bagaimana siswa dapat belajar dengan nyaman di rumahnya semangat meski berat, dan belajar dapat dilaksanakan kapan saja menyesuaikan kondisi yang ada.

Hal itulah yang membuat penulis juga harus bekerja keras, mempersiapkan materi sebaik mungkin, memantau belajar siswa setiap siswa. Penulis berupaya membuat layanan belajar siswa sebaik mungkin dan sefisien serta seefektif mungkin, apabila tidak demikian maka pembelajaran tidak akan terselesaikan. Apa yang dilakukan penulis mungkin tidak lebih baik dari apa yang dilakukan pembaca, namun penulis telah berusaha semaksimal mungkin agar pendidikan tetap berjalan. Seperti apa sih yang dilakukan penulis dalam menyampaikan pembelajaran ? silahkan kunjungi Pembelajaran Online berikut  di Blog Garuda Bukateja.

 

Views All Time
Views All Time
54
Views Today
Views Today
1
Previous articleOrang Tua belum siap jadi Guru
Next articleGuru Kunjung Membahagiakan
Lahir di Kebumen, Jawa Tengah. Pendidikan S1 IKIP Semarang. Kota singgah : Kebumen (1982-1985), Bogor (1981), Semarang (1986-191), Jakarta (1985, 1992), Lampung (1985) Bengkulu (1991), Makasar, Balikpapan, Tarakan, Bulungan (Kalimantan Timur 1991), Malang (2017), Yogyakarta (2018). Adventure : 1. Hutan lindung Bengkulu 1991, Sepeda motor pulang pergi : Purbalingga-Jakarta (2002), Purbalingga-Bandung (2012-2016), Purbalingga-Semarang (2012-2018), Mengelilingi Gunung Slamet melalui Pratin - Guci - Bumi Jawa- Bumi Ayu- Baturaden - Purbalinga - Pratin.(2017). Mengajar tahun 1985 di SD Kretek 1 Kebumen (1985), SMP Muhamadiyah Ayah, Kebumen (1986), SMP PGRI Sempor, Kebumen1993-1995), SMP N 2 Bukateja (1996-2014), SMK N1 Bukateja, Purbalingga ( 2014-sekarang).

LEAVE A REPLY