Mengenal Kelas Maya Google Classroom

0
280

Pada era sekarang kita mengenal pelatihan online yang diikuti oleh Bapak/Ibu Guru, yaitu Guru Pembelajar (GP) yang dikembangkan oleh Kemdikbud RI. Bahkan evaluasi pembelajaran berbasis jaringan online maupun offline yakni UKG dan UNBK. Oleh karena itu, teknologi informasi berperan sangat penting pada era saat ini khususnya pembelajaran, terlebih lagi pembelajaran berbasis online.

Disamping itu, kebijakan pemerintah melaksanakan Ujian Nasional Berbasil Komputer menuntut guru/sekolah untuk melatih dan membiasakan peserta didik melaksanakan tes/ujian menggunakan notebook/laptop/PC. Dengan Google Kelas, siswa akan dilatih belajar mandiri menggunakan notebook/HP smartphone. Bahkan ulangan/ujian dapat dikelola melalui Google Kelas secara online, siswa dapat mengetahui hasil tes secara langsung, dan guru dapat mengoreksi hasil tes secara masal dalam waktu singkat.

Pembelajaran online (daring/dalam jaringan) membutuhkan apa yang disebut LMS (Learning Management System). Ditinjau dari sistem kerjanya Learning Management System dapat dikategorikan seperti berikut:

  1. Sistem dan konten dibuat.

LMS model pertama itu memerlukan keahlian khusus untuk mengelola, karena kita memerlukan domain dan hosting. LMS seperti ini banyak jenisnya, misal Moodle, WordPress, blog, dan lain-lain.

  1.   Sistem dan konten sudah siap.

LMS mdel kedua, sistem dan konten siap. Artinya kita tidak perlu menseting sistem dan tidak perlu pula membuat konten, baik materi maupun soal. Namun kelemahan model ini kadang sistem dan konten tidak sesuai dengan harapan kita. LMS seprti ini contohnya Quipper School.

  1.   Sistem siap dan konten dibuat.

LMS ketiga, sistem siap, namun konten kita buat sendiri. Contoh LMS ini adalah Edmodo, Kelase, Schoology, Goesmart, Google Classroom dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman para master dibidang IT merekomendasi Google Classroom sebagai alternatif bagi Bapak/Ibu Guru untuk mengembangkan pembelajaran online. Karena Google Classroom didukung sepenuhnya oleh fasilitas Google.

Apa itu Kelas Google (Google Classroom)

Google Classroom (Ruang Kelas Google) adalah suatu aplikasi  pembelajaran       online mandiri yang diperuntukkan untuk semua ruang lingkup pendidikan dengan tujuan untuk memberikan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan mengklasifikasikan setiap informasi, penugasan maupun tes tanpa kertas.

Perangkat lunak ini telah diperkenalkan dan dikelola oleh Google Apps for Education.  Google sudah melakukan pengelolaan antarmuka pemrograman aplikasi dari sebuah ruang kelas dan sebuah tombol berbagi untuk situs web sehingga pihak pengelola guru-sekolah beserta para pengembang diperkenankan melakukan penerapan lebih lanjut terhadap Google Classroom.

Manfaat Kelas Google

  1. Dapat disiapkan dengan mudah: 

Pengajar dapat menyiapkan kelas dan mengundang siswa serta asisten pengajar. Kemudian, di dalam aliran kelas, mereka dapat berbagi informasi, tugas, pengumuman, dan pertanyaan.

  1. Menghemat waktu dan kertas: 

Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi, dan melakukan pengelolaan, semuanya pada satu tempat.

  1. Pengelolaan yang lebih baik: 

Siswa dapat melihat tugas di halaman tugas, di aliran kelas, atau di kalender kelas. Semua materi kelas otomatis disimpan dalam folder google drive yang disediakan gratis oleh google.

  1. Penyempurnaan komunikasi dan masukan: 

Pengajar dapat membuat tugas, mengirim pengumuman, dan memulai diskusi kelas secara langsung. Siswa dapat berbagi materi antara satu sama lain dan berinteraksi dalam aliran kelas atau melalui email. Pengajar juga dapat melihat dengan cepat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, serta langsung memberikan nilai dan masukan real-time.

  1. Dapat digunakan dengan aplikasi yang Anda gunakan: 

Kelas Google terhubung dengan Google Dokumen, Kalender, Gmail, Drive, Youtobe dan Google Formulir.

  1. Aman dan terjangkau: 

Kelas disediakan secara gratis. Kelas tidak berisi iklan dan tidak pernah menggunakan konten Anda atau data siswa untuk tujuan iklan.

  1. Tes online:

Pengajar dapat mendesain tes online secara gratis yang disediakan oleh Google Form, dikoreksi secara otomatis, dan siswa dapat mengetahui langsung hasil dari tes onlinenya.

Keistimewaan Kelas Google

  1. Kelas Google terhubung dengan banyaknya layanan Google, dapat digunakan secara bersamaan guna menghubungkan berbagai lembaga-lembaga pendidikan agar beralih cara menuju sistem tanpa kertas.

  2. Pembuatan dan pemberian tugas dapat dilakukan penyelesaiannya melewati Google Drive atau menggunakan Gmail untuk membuat pemberitahuan di ruang kelas Google.

  3. Siswa-siswa dapat diundang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga atau melalui sebuah kode kelas yang diberikan.

  4. Semua aktivitas baik informasi, bahan ajar, tugas, komunikasi dalam kelas tersimpan Sistem Pengelolaan Keterangan Sekolah (School Information Management System).

  5. Google Classroom disatu-padukan dengan Google Calendar, Google Drive dan layanan fasilitas Google lainnya. Tiap-tiap kelas dibuatkan sebuah berkas folder pada Google Drive yang dipisahkan oleh Kelas Google.

  6. Penyampaian informasi dapat melalui Gmail atau beranda Kelas Google, memberi pilihan bagi guru untuk membuat pengumuman serta menanyakan mengenai soal-soal kepada siswanya dalam kelasnya masing-masing.

  7. Para guru bisa menambahkan secara langsung muridnya dari direktori Google Apps dan bisa menyediakan sebuah kode yang dapat dimasukkan sebagai jalan masuk/akses untuk para murid ke kelasnya.

  8. Kelas Google dapat dibuka melalui notebook, tab, ipad maupun smartphone

Semoga Bermanfaat

Baca Artikel lainnya:

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP/MTs Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.   Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Revisi Juni 2017 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010 (lebih baik). Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application). Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 8 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MI Revisi Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms  Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Kemudahan AplikasiGuru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Baca selanjutnya …

Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Tahun 2018

Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. Kemudahan AplikasiGuru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial. Output Aplikasi1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel  2. Raport UTS  3. Raport Semester        4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa  5. Daya Serap mapel/kelas  6. Buku Induk Lengkap. Baca selanjutnya …

Semoga Bermanfaat.

Views All Time
Views All Time
329
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY