Mengikuti Webinar Dengan Tajuk ‘Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19’

0
18

Pada Hari Minggu tanggal 13 Desember 2020 dimulai pukul 18.30 WIB saya mengikuti kegiatan Webinar yang diselenggarakan oleh IGI Kab. Sigi Sulteng dan IGI Jatim. Kegiatan dengan tajuk Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19, dengan fasilitator Dr. Marjuki, M.Pd. Pada malam ini cuaca hujan deras disertai petir namun acara tetap berlangsung meskipun dengan modulasi tersendat-sendat pada awalnya, suara putus-putus karena cuaca hujan deras malam itu sehingga awal acara sangat terganggu. Tetapi kami masih setia mengikutinya karena dengan niat menimba ilmu dari para tokoh dunia pendidikan di Indonesia.

Acara dibuka oleh host dengan memperkenalkan fasilitator, para panitia, ucapan selamat datang dan bergabung bagi peserta yang diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya paparan oleh Dr. Marjuki, M.Pd. yang juga sebagai Kandidat Ketua Umum IGI. Ditengah-tengah kegiatan dibagikan link untuk pengisian presensi dan data digunakan untuk pembuatan Sertifikat bagi peserta Webinar..

Membutuhkan Perencanaan Sederhana yang Aplikatif untuk menyusun Kurikulum Pendidikan di masa pandemi ini. Diingatkan kembali bahwa Kurikulum menurut UU No. 20/2003 bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum 2013 dalam kondisi normal dan saat ini adanya Covid-19 mengubah cara belajar mengajar yaitu Guru di depan laptop Guru, diklat daring/ webinar, Anak didik belajar melalui daring, dan beralihnya peran guru kepada peran orang tua.

Materi sudah dibagikan melalui WAG yang telah dibuat sebelumnya, sehingga kita bisa menerapkan dan mempelajarinya secara mandiri disesuaikan dengan bidang, grade masing-masing. Selanjutnya pada di sesi terakhir adalah tanya jawab yang berkaitan dengan proses belajar mengajar secara daring. Tidak lupa berfoto bersama dengan membuat screenshoot para peserta, sebagai kenangan nantinya bahwa Webinar telah dilaksanakan kelak berguna bagi guru khususnya dan dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya.

Selamat belajar, berinovasi dan berkarya teruntuk Guru Indonesia, dengan berperan sebagai Agent of Change, guru bergerak maju terus dengan membuat inovasi-inovasi sebagai pengantar siswa-siswi untuk menimba ilmu merambah dunia pendidikan yang lebih maju lagi.

Salam literasi…

Malang, Desember 2020

Views All Time
Views All Time
43
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY