MENJADI GURU YANG BAHAGIA

0
37

Guru adalah sosok manusia yang menjadi idola bagi siswa dan siswinya di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu, seyogyanya seorang guru adalah orang yang paling bahagia didunia ini, karena semua orang mengenal dan mengidolakannya dimanapun dan kapanpun dia berada.

Menjadi sosok guru yang diidolakan tentu membutuhkan sebuah kerja keras bagi seorang guru dan demikian juga menjadi guru yang bahagia membutuhkan usaha yang wajib dia lakukan sebagai seorang guru.

Menurut Dr. Suwardi, M.Pd. Kasi Kurikulum dan Evaluasi Madrasah Aliyah Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia pada kegiatan “Inovasi dan Pengembangan Kurikulum MAN Insan Cendekia dan Sosialisasi KMA 184 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Inovasi Kurikulum Madrasah” di Kampus MAN Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan, Sabtu (12 Oktober 2019) menyebutkan ada beberapa hal yang wajib dilakukan oleh seorang guru kalau mau menjadi seorang guru yang bahagia, antara lain:

Pertama, seorang guru wajib menyukai profesinya sebagai guru. Ketika guru suka dan senang dengan profesi yang dia tekuni tentu akan membuahkan kerja yang maksimal dan baik serta bermutu.

Kedua, seorang guru wajib bersikap ikhlas dalam melaksanakan sebagai seorang guru. Ketika guru ikhlas dalam mengajar, ikhlas dalam mendidik siswa maka akan tumbuh rasa cinta dan pada akhirnya menciptakan rasa bahagia dalam hatinya.

Ketiga, Seorang guru wajib memiliki ketekunan dalam memberikan pelajaran. Ketika seorang guru tekun dan rajin dalam memberikan pelajaran, maka dia akan berusaha semaksimal mungkin menjadikan mata pelajaran yang diberikan kepada siswanya dapat diterima dan dicerna oleh siswanya tersebut.

Keempat, seorang guru wajib bertanggungjawab atas apa yang dia ajarkan. Ketika seorang guru sudah berniat dan bertekad menjadi guru yang baik, maka segala usaha yang dia lakukan akan dipertanggungjawabkan dengan baik pula. Segala konten yang dia berikan kepada siswanya akan dia pertanggungjawabkan sehingga menjadikan siswanya benar-benar yakin dan tak terpatahkan oleh keraguan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, seorang guru akan menjadi guru yang benar-benar diidolakan dan disenangi oleh siswa dan siswinya sehingga menjadikan dia menjadi guru yang paling bahagia di dunia ini, apalagi keberhasilan yang diperoleh siswanya nanti lebih dari dirinya. Kebahagiaan yang terbesar bagi seorang guru adalah menjadikan siswa dan siswinya sukses dalam kehidupannya di masa yang akan datang. Wallahu a’lam bish shawwab.

#opini

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY