Menjadi Pahlawan Masa Kini, MTsN 3 Mataram Peringati Hari Pahlawan Nasional

0
26

Bertempat di lapangan Madrasah seluruh civitas MTsN 3 Mataram dari unsur dewan guru, staf karyawan, mahasiswa PPL dan seluruh peserta didik mengikuti apel bendera peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke 74 Tahun 2019. Pelaksanaan seyogyanya dilaksanakan pada Ahad tanggal 10 November 2019 kemarin. Namun pada tanggal tersebut jatuh pada hari libur sehingga pelaksanaan upacara pada Senin (11/11/2019).

Dari pantauan pewarta pelaksanaan upacara terlihat penuh khidmat dan berjalan sukses. Pada upacara peringatan Hari Pahlawan bertindak sebagai Pembina adalah H. Abdul Majid, S. Ag, mengawali amanatnya ia menyampaikan terima kasih kepada para petugas upacara yang telah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. “terutama petugas pembaca UUD 1945 saya kagum walaupun postur tubuh kecil namun suara bacanya lantang”, sanjung Majid.

Melanjutkan amanatnya H. Abdul Majid menceritakan asal mula sejarah peringatan Hari Pahlawan dimana setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya 74 tahun yang lalu sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut lanjut Majid rakyat bersatu padu, berjuang, pantamg menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

Dengan Peringatan Hari Pahlwan ini ungkap Abdul Majid diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana diungkapkan salah seorang The Founding Fathers (Bapak Kemerdekaan) kita Bung Karno menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”. “Selain itu melalui peringatan Hari Pahlawan ini kita berharap untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini”, tandas Majid

Mari kita maknai hari pahlawan hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju. Hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolon sesama yang membutuhkan. Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia, ungkap Majid menutup amanatnya. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
9
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY