Menulis adalah Hobi

0
133

Secara sederhana, menulis merupakan kegiatan mencurahkan segenap pikiran dan perasaan ke dalam bentuk tulisan. Kegiatan menulis bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bagi seorang yang hobi menulis apa saja bisa dijadikan tema tulisannya. Apa yang ia rasakan, apa yang ia temukan dan apa yang ia pikirkan, semua dapat menjadi tema tulisan. Seakan apa yang ingin ditulisnya mengalir begitu saja seperti air.
Namun, bagi sebagian orang menulis merupakan hal yang sangat sulit. Apalagi jika orang tersebut tidak terbiasa dalam menulis. Mereka akan kebingungan menentukan tema tulisan. Jangankan isi tulisan bahkan judul sekalipun akan sulit ia temukan. Jika sudah seperti itu, bagaimana bisa tulisan dapat tercipta jika menulis dianggap sebuah kegiatan yang sangat sulit?
Banyak orang yang berdalih bahwa mereka tidak punya bakat dalam menulis. Bagaimana bisa dapat menghasilkan tulisan yang baik jika dalam diri sendiri tidak memiliki kemampuan dalam menulis. Bisa jadi anggapan seperti itu benar adanya. Namun, bukankan setiap kita memiliki bakat dalam menulis? Coba ingat kembali ketika kita duduk di bangku sekolah. Ketika guru Bahasa Indonesia meminta kita untuk mengarang. Bukankah kita mampu menciptakan sebuah karangan? Meskipun menurut kita karangan yang kita buat itu jauh dari kata baik. Namun, tanpa kita sadari kita telah berhasil menciptakan karangan. Kita telah berhasil membuat sebuah tulisan.
Nah, bakat menulis sebenarnya ada dalam setiap diri kita. Hanya saja kita tidak pernah menyadarinya, sehingga kita merasa tidak mampu untuk menulis. Sebenarnya, setiap bakat yang ada dalam diri, baik itu kecil ataupun besar, semua dapat dikembangkan dengan cara melatihnya. Begitu juga dalam hal menulis. Kita dapat mengembangkan bakar menulis dengan cara terus-menerus latihan menulis. Baik itu tulisan sederhana ataupun tulisan yang lebih kompleks.
Sebagai pemula, memang akan terasa sulit. Namun, kita bisa menjadikan menulis sebagai hobi. Namanya hobi tentu harus kita lakukan setiap saat tanpa memandang waktu dan tempat. Seperti orang yang hobi bernyanyi. Ia akan bernyanyi di mana saja, di dapur, di kamar mandi, di jalan, bahkan di setiap waktu ia lakukan. Ia tidak peduli dengan tanggapan orang lain. Walaupun akan ada sebagian orang yang akan mencemoohnya.
Begitu juga dalam menulis, tetap harus dilatih dan jangan pikirkan bahwa tulisan ini bagus atau tidak. Jangan pernah terpengaruh, tetap lanjut dalam menulis. Karena, jika kita terpengaruh maka itu akan menjadi batu hambatan bagi kita dalam mengembangkan bakat tadi. Jadi, mulai hari ini jadikanlah menulis sebagai hobi. Semoga kita bisa melahirkan tulisan yang baik dan bisa menjadi penulis yang baik.

Nb: Tulisan ini bukan untuk menggurui tetapi untuk penyemangat diri.

Views All Time
Views All Time
241
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY