Menulis : Tak Sebatas Dalam Sebuah Jabatan

0
17

Menarik sekali status facebook Prof. Dr. H. Mujiburrahman, MA (Rektor Universitas Antasari Banjarmasin) di akun pribadi beliau Mujiburrahman Al-Banjari pada pengantar rencana peluncuran buku terbaru beliau yang berjudul : JALAN TENGAH : Renungan Politik dan Budaya di Era Ekstrem, terbitan Gading Yogyakarta, 2019 pada hari ini, Selasa (20/08/2019).

Beliau menulis “Saya sadar, menjadi “kepala sekolah” itu sebentar, sedangkan menjadi penulis (semoga) sampai akhir hayat. Secara akademis, saya cemburu dengan kawan-kawan yang bisa menulis buku serius, sementara saya hanya bisa menulis buku ringan semacam ini. Namun, saya tetap berharap, karya ini bermanfaat bagi pembaca.”

Kegalauan seorang penulis seperti Bapak Mujiburrahman ada wajar karena berbagai kesibukan dalam tugas sebagai “Kepala Sekolah” (istilah seorang rektor menurut beliau) sehingga tidak banyak waktu untuk menulis dan menulis dibandingkan kawan-kawan beliau yang saat ini produktif dalam menulis buku.

Akan tetapi dalam berbagai kesempatan, penulis selalu mencermati dalam kesibukannya beliau tetap menulis dan menulis terutama dalam rubrik jendela di Harian Banjarmasin Post setiap harinya.

Apalagi kita orang biasa yang notabene tidak memiliki “jabatan” tentu kegiatan menulis adalah sesuatu hal yang mudah dan banyak menghasilkan sebuah karya “tulisan”. Akan tetapi nyatanya kita tidak banyak waktu untuk menulis dan menghasilkan sebuah karya “buku”.

Berkaca dari semua ini, tentunya menulis merupakan sesuatu pekerjaan yang mudah dan tidak menghalangi profesi dan “jabatan” seseorang, bahkan dengan adanya jabatan akan memiliki kesempatan yang banyak terutama ide dan tema yang akan diangkat dalam konten penulisan sebuah artikel atau opini yang akan dijadikan sebuah buku.

Selamat atas terbitnya buku terbaru Bapak Rektor UIN Antasari Banjarmasin, kami tunggu buku-buku berikutnya yang menjadi inspirasi bagi kami.

#opini_156#

Views All Time
Views All Time
22
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY