Menyusun langkah-langkah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

0
77
Setiap tahun ajaran baru penerimaan siswa baru suatu sekolah dilaksanakan setiap tahunnya. Mulai tahun ajaran 2015/2016 penerimaan beberapa kabupaten kota untuk siswa baru sudah menggunakan sistem pendaftaran online, jadi untuk mereka terutama yang berdomisili seperti Jakarta dan Jawa Barat, Banten, Jawa Timur dan Bali sedikit bergembira karena penerimaan siswa baru sudah menggunakan sistem online melalui Pendaftaran PPDB Online jadi siswa yang ingin mendaftar dijenjang seperti SD,SMP,SMA memilih sekolah favoritnya dengan melakukan pendaftaran secara online.
Namun, saat ini proses pendaftaran siswa online baru melalui siap-ppdb.com belum sepenuhnya dilaksanakan oleh kota kabupaten yang ada di Indonesia hanya beberapa kota dan kabupaten besar disebagian provinsi yang ada di Indonesia seperti di pulau jawa. Dari beberapa informasi mengenai pendaftaran siswa baru sudah dapat disimpulkan proses pendaftaran akan dilaksanakan dalam waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah kebijakan penerimaan sepenuhnya di atur oleh otonomi daerah setempat dalam beberapa proses pendaftaran pencocokan data akan dilakukan melalui dinas pendidikan setempat untuk verifikasi.
Ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh pada waktu mendaftar sebagai siswa baru di sebuah Sekolah. Apabila Anda tidak menempuh langkah-langkah itu, Anda tidak dapat mendafarkan diri ke sekolah tersebut.Urutan langkah-langkah pendaftaran siswa barus tersebut tidak dapat dipertukarkan. Susunlah langkah-langkah pendafaran itu ke dalam bagan di bawah ini. Anda boleh menambahkan langkah-langkah lain apabila lima langkah belum cukup.
Struktur Kalimat
Tujuan Pendaftaran Siswa Baru online tidaklah sulit, pendaftaran siswa bisa melalui online jadi siswa atau wali murid tidak harus bersusah payah harus antri panjang disekolah bersangkutan atau sekedar menebus formulir, cukup dengan mengakses informasi seputar pendaftaran melalui situs resmi SIAP-PPDB.Com di masing masing daerah, selanjutnya mengikuti semua prosedur sampai dengan selesai. Berikut langkah-langkah pnerimaan siswa baru online.
Langkah-langkah Pertama, mengumpulkan syarat-syarat. Pendaftaran calon peserta didik baru dilakukan secara langsung ditempat pendaftaran/sekolah. Syarat yang harus dipenuhi oleh seorang calon peserta didik antara lain calon peserta didik baru SMA berusia maksimal 21 tahun. Satu lembar fotokopi rapor SMP/MTs kelas VII semester 1 s.d. kelas IX semester 1 yang telah dilegalisir,  Satu lembar fotokopi ijazah SMP/MTs yang telah dilegalisir, dan 1 lembar fotocopi SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisir dan Asli

Kedua, mengambil lalu mengisi formulir pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) / Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMA yang disediakan panitia. Seleksi PPDB Jalur Online tahun 2015 menggunakan formulasi NA = 0,2 x rerata nilai rapor (mapel yang di-UN-kan selama 5 semester) + 0,8 x rerata NUN. NA = Nilai Akhir, NUN = Nilai Ujian Nasional (lulusan smp/mts ). Nilai Raport untuk calon peserta didik baru SMA dan SMK, nilai rapor SMP/MTs kelas VII semester 1 dan 2, kelas VIII semester 1 dan 2, serta kelas IX semester 1, untuk nilai raport di ambil mata pelajaran yang di ujian nasionalkan

Ketiga, menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan dilengkapi berkas sesuai syarat-syarat PPDB, yaitu : satu lembar fotokopi rapor SMP/MTs kelas VII semester 1 s.d. kelas IX semester 1 yang telah dilegalisir, satu lembar fotokopi ijazah SMP/MTs yang telah dilegalisir, dan 1 lembar fotocopi SKHUN SMP/MTs yang telah dilegalisir dan Asli.

Keempat, Panitia Penerimaan Siswa Baru melakukan entri data pendaftaran. Setelah entri data selesai Panitia mencetak tanda bukti pendaftaran dan menyerahkan kepada Calon Peserta Didik Baru.

Kelima, menerima hasil selesksi. Ada dua cara melihat pengumuman hasil seleksi PPDB online. Cara yang pertama adalah dengan membukau situs PPDB Online Kota/Kabupaten tujuan anda. Masukkan Nomor Pendaftaran yang berjumlah 14 Digit pada label cari hasil seleksi yang terletak di bagian kanan atas. Setelah memasukkan Nomor Pendaftaran, kemudian tekan ENTER. Selanjutnya anda akan menemukan data diri anda secara lengkap sesuai dengan ketika waktu mendaftar dan juga keterangan Anda DITERIMA atau TIDAK DITERIMA di sekolah pilihan anda. Jika anda diterima maka akan muncul keterangan “diterima di sekolah pilihannya.” Jika anda tidak diterima, maka akan muncul keterangan “tidak diterima di sekolah pilihannya.”. ┬áBagi yang lulus silahkan melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan sekolah di masing-masing wilayah. Selain cara tersebut cara yang lain adalah dengan membuka situs PPDB Online Kota/Kabupaten tujuan anda. Pilih jenjang pendidikan atau jalur seleksi penerimaan siswa baru yang tersedia. Setelah masuk ke halaman baru, kemudian pilih menu Seleksi. Kemudian pilih sekolah di mana Anda mendaftar, maka akan muncul daftar nama-nama siswa baru yang lulus seleksi Jika nama anda terdapat pada daftar nama-nama tersebut, berarti anda lulus seleksi. Jika nama anda tidak ada pada daftar tersebut, berarti anda tidak lulus seleksi

Apabila kita tidak menempuh langkah-langkah itu, kita tidak dapat mendaftarkan diri ke sekolah ini karena misalnya langkah pertama yaitu mengumpulkan syarat, dimana formulir bisa dikembalikan jika berkas sesuai dengan syarat. Jika formulir tidak dikembalikan, Anda pun tidak akan terdaftar sebagai calon peserta didik baru. Intinya, jika satu langkah tidak terpenuhi, maka Anda tidak akan bisa menempuh langkah selanjutnya, dan tidak akan lulus atau terdaftar sebagai calon siswa baru.
Apabila Anda menempuh setiap langkah dengan tertib, selain tujuan tercapai , pada saat itu Anda juga telah menjadi calon warga sekolah yang baik. Teman- teman Anda yang lain juga mengalami hal seperti itu, mereka mengikuti prosedur PPDB sesuai dengan langkah-langkah dalam teks prosedur tersebut. Sehingga mereka dapat mencapai tujuan yaitu menjadi calon peserta didik baru, juga calon warga sekolah yang baik.

a. Konjungsi Temporal
Konjungsi temporal adalah konjungsi yang mengacu pada urutan waktu, sekaligus menjadi sarana kohesi teks. Contoh konjungsi temporal dalam teks prosedur kompleks penerimaan siswa baru adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, mengumpulkan syarat-syarat.
  2. Kedua, mengambil lalu mengisi formulir pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) / Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMA yang disediakan panitia.
  3. Ketiga, menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan dilengkapi berkas sesuai syarat-syarat PPDB.
  4. Keempat, Panitia Penerimaan Siswa Baru melakukan entri data pendaftaran.
  5. Kelima, menerima hasil selesksi.


b. Verba Material
Verba material adalah verba yang mengacu pada tindakan fisik. Contoh verba material teks prosedur di atas adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, mengumpulkan syarat-syarat.
  2. Kedua, mengambil lalu mengisi formulir pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) / Penerimaan Siswa Baru (PSB)
  3. Ketiga, menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan dilengkapi berkas sesuai syarat-syarat PPDB.
  4. Keempat, Panitia Penerimaan Siswa Baru melakukan entri data pendaftaran.
  5. Setelah entri data selesai Panitia mencetak tanda bukti pendaftaran dan menyerahkan kepada Calon Peserta Didik Baru.
  6. Ada dua cara melihat pengumuman hasil seleksi PPDB online.
  7. Setelah memasukkan Nomor Pendaftaran, kemudian tekan ENTER.
  8. Selanjutnya anda akan menemukan data diri anda secara lengkap sesuai dengan ketika waktu mendaftar dan juga keterangan Anda DITERIMA atau TIDAK DITERIMA di sekolah pilihan anda.
  9. Bagi yang lulus silahkan melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh PPDB Online Kota/Kabupaten masing-masing wilayah.
Views All Time
Views All Time
78
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY