MERAJUT ACARA PERPISAHAN YANG BERMAKNA (PART 2)

0
686

Namun, dibalik kegiatan acara perpisahan yang gemerlap dan kurang membawa manfaat bagi siswa tersebut, ada beberapa sekolah yang mengekspresikan rasa syukurnya mampu menciptakan sebuat momen kegiatan yang memiliki ide-ide kreatif dalam mengisi kegiatannya di hari-hari terakhir mereka berada di sekolah. Mereka mempunyai ide dan inovasi yang luarbiasa dalam menyambut dan mengadakan acara perpisahan di sekolah. Seperti yang dilakukan oleh salah satu SMP swasta di Jakarta. Mereka merancang konsep acara perpisahan yang berbeda dengan acara perpisahan sekolah lain. Seluruh kepanitiaan OSIS diperdayakan untuk membuat agenda acaranya. Diantara ide mereka yang cemerlang adalah, menghimbau dan menghimpun seluruh warga sekolah untuk saling maaf memaafkan. Siswa kelas IX yang akan pergi melanjutkan sekolah ke tingkatan yang lebih tinggi, harus terlebih dahulu menyalami guru-gurunya, kemudian turut juga menyalami seluruh adik kelasnya. Setelah acara maaf memaafkan selesai, pengumpulan barang-barang bekas, pakaian bekas dan sumbangan diadakan untuk disumbangkan kepada anak-anak yatim piatu dan anak-anak jalanan. Seluruh kepanitiaan adalah siswa yang akan menyelesaikan studinya yaitu kelas IX. Sebuah acara yang sangat positif sekali, memberikan contoh tauladan yang baik kepada adik-adik kelas mereka. Sebuah kegiatan amal yang sangat besar manfaatnya, bahkan hingga mereka sudah menyelesaikan studinya kelak. Karena hal ini mengajarkan siswa untuk senantiasa memiliki sikap peduli, baik peduli kepada sesama maupun terhadap lingkungannya.
Guru-guru di sekolah menyaksikan kegiatan tersebut dengan penuh haru. Karena acara perpisahan yang mereka adakan tidak perlu memungut biaya dari pihak manapun. Justru merekalah yang dengan aktif dan sukarela menyumbangkan tenaga dan sebahagian rezkinya yang diserahkan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar mereka. Ibarat pepatah, tangan di atas jauh lebih baik daripada tangan di bawah.
Perbedaan konsep yang lain juga tergambar dari sebuah sekolah yang berada di Eropa, mereka mengadakan acara perpisahan yang unik dan menarik. Karena sekolah tersebut meminta siswanya untuk menulis di lembaran kertas putih. Isi tulisannya adalah mengenai cita-cita mereka 5 tahun ke depan, hingga 10 tahun mendatang. Kertas putih yang telah ditulisi tersebut kemudian disimpan dalam kotak besi mungil, dan dikuburkan di lahan khusus area dekat sekolah. Di atasnya diberi tanda nama-nama siswa angkatan tersebut beserta foto profil mereka. Jika 5 hingga 10 tahun berlalu, siswa yang berkesempatan kembali ke sekolah lamanya bisa melihat kembali tulisan mereka dalam kotak besi tersebut.
Ada yang berhasil meraih cita-citanya seperti yang mereka tuliskan dahulu, ada pula menjadi seseorang yang berbeda dari apa yang pernah mereka pikirkan. Sebuah acara perpisahan yang unik namun merangsang siswa untuk memiliki target masa depan, agar cita-cita yang mereka impikan senantiasa terpatri dalam pikiran, Sehingga mereka mudah menentukan arah dan tujuannya kelak ketika dewasa.

Views All Time
Views All Time
687
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY