Merajut Asa Baru Indonesia, IGI-KPK Bersinergi Mewujudkan Negeri Bersih dari Korupsi

0
30

Merajut Asa Baru Indonesia,

IGI-KPK Bersinergi Mewujudkan Negeri Bersih dari Korupsi

 Oleh : Trival Setyadik

(Wakil Ketua IGI Kalimantan Barat)

 

Saat ini, siapa yang tidak mengenal kata korupsi? Kata yang setiap hari muncul di berbagi media massa baik cetak maupun elektronik. Kata yang sudah dikenal anak-anak kita bahkan di tingkat sekolah dasar. Sebuah kata yang seharusnya tidak mempresentasikan seorang pun dari bangsa yang mulia ini. Disaat Negara lain sedang sibuk-sibuknya mencari cara menuju Mars, membuat robot berteknologi tinggi, dan menciptakan berbagai inovasi canggih untuk mempermudah pekerjaan dan rutinitasnya, Negara Indonesia yang kita cintai ini masih saja disibukkan dengan berbagai kasus tindak pidana korupsi.

Indonesia, negara yang kaya akan budaya, nilai-nilai luhur serta budi pekerti yang tinggi seharusnya menjadi teladan bagi negara-negara lainnya di seluruh dunia berkaitan dengan integritas. Jumlah penduduk yang tinggi dan kekayaan alam yang melimpah ruah di negeri ini harusnya mampu mensejahterakan setiap insan yang tinggal didalamnya. Angka kemiskinan, pengangguran, kriminalitas dan kenakalan remaja seolah tak henti-hentinya merangkak ke tingkat yang tinggi. Ada apa dengan negeri kita ini?

Masyarakat Indonesia sejatinya adalah masyarakat yang memiliki etos kerja, kejujuran, kesederhanaan dan kesantunan yang tinggi serta sikap saling menghormati. Kondisi yang bertolak belakang antara karakteristik bangsa dan kekayaan negeri dengan kesejahteraan masyarakat menjadi hal penting yang harus segera dipecahkan solusinya. Generasi  muda Indonesia sebagai pewaris negeri sudah saatnya ditunjukkan kepada permasalahan nyata negerinya yang sangat membahayakan eksistensi bangsa ini.

Budaya korupsi di Indonesia seakan sudah di tingkat akut yang lambat laun akan menghancurkan masa depan bangsa. Pemerasan, penyuapan, penggelapan, kecurangan, gratifikasi dan jenis tindakan korupsi lainnya sudah saatnya diberangus seakar-akarnya agar bangsa ini berdiri tegak menjadi Negara yang yang makmur dan sejahtera.

Sudah saatnya bangsa Indonesia merasakan limpah ruahnya kekayaan bangsa. Akses dan tingkat pendidikan yang baik, sarana kesehatan yang terjamin, infrastruktur jalan yang nyaman, taman-taman yang indah, peluang kerja yang luas sudah seharusnya bukan menjadi sekedar impian semata. Korupsi harus segera dihentikan saat ini juga. Tentu saja, hal ini tidak bisa hanya dikerjakan oleh lembaga anti suap KPK saja, tetapi perlu adanya sinergi bersama seluruh lapisan masyarakat agar Indeks kebahagiaan di negeri ini meningkat lebih baik. Lalu, tugas siapakah memberantas korupsi ini? Apakah hanya tugas KPK? Ataukah tugas kita semua? Kini,  saatnya memulai ber-AKSI memberikan Edukasi Anti korupsi.

 Ikatan Guru Indonesia (IGI) memahami akan perlunya sinergi bersama KPK untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya besar korupsi dan upaya-upaya pencegahannya sebagai upaya membangun bangsa.  Training of Trainer Guru Penggerak Integritas yang dilaksanakan di Gedung KPK diikuti oleh 32 guru se-Indonesia pada tanggal 9-11 Maret 2018 dan menjadi babak baru semangat pemberantasan korupsi terutama di dunia pendidikan. Pelatihan yang penuh dengan diskusi, pemaparan sebab, akibat dan strategi-strategi pemberantasan korupsi diikuti dengan penuh semangat dan antusias oleh peserta. Dengan ikrar kuat untuk mengimplementasikan edukasi antikorupsi di sekolah dan masyarakat sekitar, peserta yang merupakan anggota dan pengurus Ikatan Guru Indonesia bersiap diri bersinergi dengan KPK memberikan pencerahan akan dampak dan bahaya korupsi di daerahnya masing-masing.

Harapan baru Indonesia menjadi negeri yang bebas dari korupsi telah di depan mata. Sinergi harmonis antara IGI dan KPK dalam memberikan edukasi antikorupsi semoga menjadi langkah awal menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera, bebas dari korupsi serta penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Ya Allah, ampuni kami dan bangsa ini, bebaskan kami dari korupsi…..

Salam Integritas !!!

 

Trival Setyadik

(Wakil Ketua IGI Kalimantan Barat)

 

Views All Time
Views All Time
80
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY