Meramu Model Pembelajaran Dari Rumah untuk Daerah Tanpa Jaringan

0
8

Keterbatasan jaringan di wilayah tertentu di Kabupaten Bima adalah sebuah problema yang cukup sulit dipecahkan, terutama dalam penanganan pembelajaran daring dari rumah yang menjadi roh pembelajaran saat pandemi berlangsung seperti saat ini. Keterbatasa itu tidak melulu karena tidak ada sinyal jaringan internet, namun yang lebih bermasalah adalah ketidakpunyaan perangkat android pada sebagian besar siswa, terutama di daerah-daerah tertinggal.

Pemerintah sebenarnya sudah berusaha untuk memfasilitasi kegiatan belajar daring dari rumah dengan menyediakan layanan gratis untuk beberapa platform pembelajaran daring. Bahkan sekarang yang sedang diusahakan pemerintah adalah pemberian kuota internet untuk para siswa dan guru. Namun itu semua bakal sia-sia saja ketika siswa tidak memiliki perangkat seluler android.

Salah satu cara yang diambil oleh sebagian besar sekolah di Kabupaten Bima adalah dengan mengandalkan pemberian tugas dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Namun cara ini tetap tidak mampu menjawab tantangan pandemi virus corona, karena bagaimana pun hal tersebut tetap melibatkan pertemuan langsung antara guru dan siswa. Walau sudah diterapkan protokol kesehatan, namun potensi penyebaran virus corona tetap ada dan tidak ada yang mampu memberikan jaminan terhindar dari potensi tersebut. Apalagi dengan adanya ketidakdisiplinan masyarakat untuk menjaga jarak dan memakai masker yang merupakan protokol wajib upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Menilik hal tersebut, sebenarnya tidak ada jalan bagi sebagian daerah di Kabupaten Bima untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran selama pandemi ini berlangsung. Kecuali kalau kita mau membiarkan virus ini tetap berkembangan dengan terus menyelenggarakan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY