Metode Ceramah

1
137
adi suprayitno
Metode Ceramah

Metode Ceramah

Menurut Suprapto (1993 : 20) metode ceramah adalah suatu cara, teknik, prosedur penyampaian materi pelajaran secara lesan yang bersifat satu arah.

Menurut Winarno (1980 : 77) metode ceramah adalah penerangan dan penuturan secara lesan oleh guru terhadap kelas.

Menurut Suprapto (1993 : 20), tujuan dasar metode ceramah adalah memberikan informasi tentang konsep, prinsip prosedur materi pelajaran.

  1. Faktor–faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan metode ceramah.
    1. Tujuan yang hendak dicapai
    2. Materi yang akan diinformasikan
    3. Sumber belajar yang tersedia / bisa disediakan
    4. Media yang perlu disiapkan, khususnya media perangkat lunak
    5. Kemampuan guru dalam berbicara serta penguasaan materi yang diinformasikan
    6. Situasi kelas dan lingkungannya
  2. Langkah–langkah yang perlu dilakukan
    • Langkah persiapan

Untuk  menciptakan kondisi belajar yang baik sebelum ceramah berlangsung.

  1. Siapkan tempat duduk
  2. Siapkan media yang diperlukan
  3. Kuasai bahan informasi dengan permasalahan yang terkait.
  4. Siapkan data sumber belajar yang diperlukan, misalnya : buku, majalah, surat kabar, terbitan/tulisan yang lain.
  5. Siapkan tugas–tugas lanjutan yang mampu memacu kegiatan belajar, baik secara individu atau kelompok.
  • Langkah penyajian
    1. Usahakan menarik perhatian siswa
    2. Jelaskan maksud dan sasaran yang ingin dicapai
    3. Menjelaskan sudut pandang penyajian
    4. Memantau apakah siswa mulai tertarik
    5. Menghubungkan dengan apa yang telah dipelajari siswa dan atau telah diketahui siswa
    6. Menyusun dan melaksanakan organisasi penyampaian materi
    7. Mengembangkan teknik–teknik komunikasi yang baik
    8. Gunakan contoh–contoh yang bersifat empirik kontemporer
    9. Gunakan selingan yang bersifat humoris agar tidak membosankan, menghilangkan ketegangan, tetapi tetap pada batas–batas yang wajar/proporsional
  • Langkah asosiasi/komparasi

Memberi kesempatan pada siswa untuk menghubungkan dan membandingkan materi ceramah dengan fenomena–fenomena atau kejadian–kejadian di lingkungannya. Disini diberi kesempatan bertanya.

  • Langkah generalisasi/kesimpulan

Kelas diberi kesempatan menyimpulkan hasil ceramah.

  • Langkah aplikasi/evaluasi

Pengukuran terhadap tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang telah diceramahkan, dalam bentuk :

  • Tes lisan/tertulis
  • Tugas–tugas
  • Pengamatan
  1. Keuntungan metode ceramah
    1. Amat efisien untuk mengkomunikasikan fakta, data, konsep, prinsip dan prosedur karena bersifat ekonomis, menghemat waktu, dapat menyajikan materi secara luas.
    2. Penceramahan dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuannya dalam berceramah agar informasinya sistematis, teratur, terutama yang tidak tercantum dalam teks.
    3. Dapat digunakan untuk siswa yang besar jumlahnya.
    4. Dapat melatih dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mendengarkan secara teliti dan kritis.
    5. Dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasinya dalam melakukan belajar lebih lanjut.
    6. Tidak memerlukan peralatan yang khusus.
  2. Kelemahan metode ceramah
    1. Sulit menampung perbedaan individu.
    2. Lebih menekankan keterampilan mendengarkan, mencatat dan mengingat.
    3. Menuntut konsentrasi siswa secara terus menerus.
    4. Sangat membatasi siswa untuk berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
    5. Sulit untuk mengetahui sejauh mana siswa sudah mengerti dan bagaimana respon siswa.

Sulit untuk digunakan untuk mengembangkan keterampilan intelektual yang tinggi, yaitu pemecahan masalah.

Views All Time
Views All Time
261
Views Today
Views Today
1

1 COMMENT

LEAVE A REPLY