METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN (2017)

0
823

Metode mengajar merupakan salah satu bagian dari pembelajaran yang memiliki peran penting disamping guru, siswa, materi, alat dan bahan, media, alat evaluasi  ,dan lingkungan belajar. Ketika guru akan merencanakan pembelajaran, maka guru harus memikirkan secara seksama bagaimana menyampaikan materi pelajaran yang disampaikan agar dapat diterima dengan baik oleh siswa. Oleh sebab itu, metode pembelajaran menjadi hal penting untuk dapat membantu guru dapat menyajikan materi dengan baik. Guru akan mendapatkan kemudahan dalam menyajikan materi pelajaran tatkala ia mampu menggunakan metode yang tepat yang sesuai dengan karakteristik  materi pelajaran yang disajikannya.

Menurut Thoifuri (2008:55) metode pengajaran adalah cara yang ditempuh guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa secara tepat dan cepat berdasarkan waktu yang telah ditentukan sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Daryanto (2013:1) mendefinisikan metode pembelajaran adalah cara pembentukan atau pemantapan pengertian peserta didik (penerima informasi) terhadap suatu penyajian informasi /bahan ajar.

Menurut Asmani (2009:139), menyebutkan bahwa metodologi mengajar adalah ilmu yang memperlajari cara-cara untuk melakukan aktivitas yang tersistem dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidik dan peserta didik untuk saling berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan, sehingga proses belajar berjalan dengan baik dan tujuan pengajaran tercapai.

Menurut Dewey dalam Suyanto dan Asep Djihad (2013:154), mendefinisikan model pembelajaran sebagai “ a plan or pattern that we can use to design face-to-face in classroom or tutorial settings and to shap instructional materia “” (suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk merancang tatap muka di kelas atau pembelajaran tambahan di luar kelas dan untuk menyusun materi pembelajaran).

Winataputra dalam Suyanto dan Asep Djihad (2013:154),  mengertikan model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar.

Dengan mencermati dan memahami berbagai pendapat ahli tentang pengertian metode dan model pembelajaran, penulis menyimpulkan bahwa metode merupakan cara dan rencana guru yang akan digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran. Sedangkan model pembelajaran merupakan bagian dari metode pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

SUMBER BAHAN :

Asmani, Jamal Ma,mur.2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif,dan Inovatif. Yogyakarta. DIVA Pres.

Daryanto. 2013. Strategi Tahapan Mengajar. Bandung. CV.YRAMA WIDYA.

Suyanto,dkk. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta. Multi Pressindo

Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiator. Semarang. RaSAIL Media Group.

 

Views All Time
Views All Time
1023
Views Today
Views Today
1
Previous articleMODEL PEMBELAJARAN PKN DENGAN PERMAINAN (GAME) RANKING I (2017)
Next articleMODEL PERMAINAN (GAME) DALAM PEMBELAJARAN (2017)
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY