Oleh. Jevery Paat (SMK Negeri 2 Tahuna) Email : jeverypaat@gmail.com

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Melalui kegiatan belajar  mengajar  yang  penulis  lakukan,  bahwa  di  dalam  proses  pembelajaran  produktif  pada bidang studi keahlian seni, kerajinan  dan  pariwisata  kompetensi  keahlian akomodasi  perhotelan di SMK Negeri 2 Tahuna  kelas XI tepatnya  di semester  genap  tahun  pelajaran  2013/2014, dimana  materi  pemelajaran yang dikemas berdasarkan tuntutan kurikulum dan standar  kompetensi kerja  nasional  Indonesia  (SKKNI)  yang  menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi. Materi pembelajaran ini  diharapkan  dapat  dipergunakan  sebagai  sumber  belajar utama oleh  peserta  didik  untuk  mencapai  kompetensi  kerja  standar  yang  diharapkan  dunia  usaha  dan  dunia  industri.  Secara  garis  besar,  materi  yang  tertuang  di  dalam  Standar  Kompetensi  ini  ialah  tentang  aplikasi  pengetahuan,  keterampilan            dan sikap kerja yang  dibutuhkan  untuk  menjaga  kebersihan,  kerapihan,  kenyamanan  dan  keindahan  area  umum  (public  area)  di  hotel  yang  berkaitan  erat  dengan  bagaimana  cara  membersihkan  area  umum  yang  ada  di  hotel,  baik  pada  area  umum  bagian  dalam  maupun  pada  area  umum  bagian  luar  hotel.  Pada  semester  genap  tahun  pelajaran  2013/2014  salah  satu   kompetensi  dasar  yang  diampuh  adalah  membersihkan  area  kering  dan  basah.  Fokus  penelitian  kali  ini  ialah  tentang  pemahaman  siswa  mengenai;  a)  area  umum  di  hotel  (hotel’s  public  area),  b)  klasifikasi  area  umum  di  hotel,  c)  waktu  pembersihan  area  umum  di  hotel,  d)  persiapan  kerja  pelaksanaan  pembersihan  area  umum  di  hotel,  e)  prosedur  pembersihan  area  umum  di  hotel. Dari  proses  pemelajaran  melalui  beberapa indikator  keberhasilan  diatas  dengan  kriteria  ketuntasan  minimal  (KKM)  secara  individu  78,   pada  semester   genap  tahun  pelajaran  2012/2013  yang  lalu  dari  18  siswa  yang  terdaftar  di  kelas  XI  akomodasi  perhotelan  yang  mengikuti  mata  diklat  yang  sama  yaitu  membersihkan  lokasi  area  dan  peralatan  dengan  kompetensi  dasar  membersihkan  area  kering  dan  basah  menunjukkan  nilai  rata-rata  69  dengan  3  siswa  (16,67%)  yang  tuntas  dan  15  siswa  (83,33%)  tidak  tuntas  hal  ini  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  siswa  masih  rendah. Dalam proses pembelajaran berdasarkan fakta di lapangan etika  proses  pemelajaran  di  kelas  XI  akomodasi perhotelan semester genap  tahun  pelajaran  2013/2014  ini,  dari  17  siswa  yang  ada  17,64%  (3  siswa)  sulit  berkonsenterasi,  52,94%  (9  siswa)  sulit  memahami  mata  diklat  yang  diajarkan  dan  29,42%  (5  siswa)  kurang  dalam  mengikuti  kegiatan  belajar.

Tabel 1.  Indikasi  Kesulitan  Belajar  Siswa  Kelas  XI 

Akomodasi  Perhotelan SMKN  2  Tahuna

PERILAKU  SISWA PERCENT (%) STUDENT
Sulit  berkonsenterasi 17,64 % 3
Sulit  memahami  mata  diklat  yang  diajarkan 52,94 % 9
Kurang  dalam  mengikuti  kegiatan  belajar 29,42 % 5
Lain-lain
Total 100 % 17

Sumber: Penelitian Tahun Pelajaran 2013-2014

 

Hal  ini  mempengaruhi  pemahaman  siswa  mengenai  pengetahuan  tentang  indikasi dalam kompetensi dasar membersihkan area kering dan basah.  Kenyataan  yang penulis hadapi adalah siswa-siswi SMK Negeri 2 Tahuna kelas XI  akomodasi perhotelan  ketika  menghadapi  proses  pemelajaran  baik  itu  ketika  dalam teori  sampai pelaksanaan evaluasi dan praktikum, belum  mencapai  kriteria  ketuntasan minimal hal ini dikarenakan  para peserta  didik  sulit  berkonsenterasi,  sulit  memahami  mata  diklat yang  diajarkan,  kurang  dalam  mengikuti  kegiatan  belajar  seperti  yang  tertera  pada  tabel  1  di atas dan  hal  ini  berdampak  pada  keberhasilan dalam memahami pengetahuan belajar  siswa  tentang  membersihkan  area  kering  dan  basah  seperti   dalam  tabel  daftar  periksa  keberhasilan  belajar.

 

Tabel  2.  Daftar Periksa Keberhasilan Belajar

KOMPETENSI  DASAR MEMBERSIHKAN AREA  KERING DAN  BASAH
Apakah anda telah memahami pengetahuan tentang: Sudah

(siswa)

Belum

(siswa)

11. Area umum di hotel 3 14
22. Klasifikasi Area umum di hotel 3 14
33. Waktu Pembersihan Area umum di Hotel 3 14
44. Persiapan Kerja Pelaksanaan Pembersihan Area Umum Di Hotel 2 15
5. Prosedur Pembersihan Area Umum di Hotel 3 14

Sumber: Penelitian Tahun Pelajaran 2013-2014

 

Faktor  lain  yang  menjadi  kekurang  berhasilan  dalam  proses  pembelajaran,  adalah  dikarenakan  adanya  siswa  pindahan  (mutasi)  dari  berbagai  sekolah  lokal  yang  ada  di  kabupaten  kepulauan  sangihe,  baik  itu  dari  SMA  atau  SMK  dengan  konsenterasi  ilmu  yang  berbeda,  maka  pada  mata  diklat  produktif  public  area  perlu  dilakukan  inovasi  serta  pendekatan  pemelajaran  untuk  mengupayakan  perbaikan  serta  penyesuaian  diri  siswa  dalam  mengikuti  materi  yang  diajarkan  yang  tentunya  berbeda  dengan  materi   dari  sekolah  mereka  yang  lama. Dengan  itu  penulis  memandang  perlu  melakukan  inovasi  pembelajaran  dengan  upaya  memberikan  suasana  berbeda  dan  lain  dari  biasanya  untuk  meningkatkan  pemahaman  siswa  mengenai  peralatan  pembersih  dan  area  hotel  dalam  ruang  lingkup  standar  kompetensi  membersihkan  lokasi  area  dan  peralatan. Melihat  aktivitas  belajar  serta  minat  dan  berbagai  karakter  siswa-siswi  yang  duduk  di  kelas  XI  ini,  maka  penulis  memandang  perlu  melakukan  proses  belajar  mengajar  dengan  gaya  inovasi  yang  berbeda  dengan  tujuan  untuk  mengupayakan  pemahaman  siswa  tentang  materi  yang  dipelajari  dengan  menggunakan  metode  make  a  match,  hal  ini  dilakukan  supaya  terjadi  keseimbangan  dalam  proses  pembelajaran  antara  murid  regular  dan  murid  pindahan  sehingga  terjadi  harmonisasi  pembelajaran  dikelas,  guna  mengekspresikan  minat  dan  cara  belajar  siswa  sebagai  upaya  untuk  meningkatkan  pemahaman  siswa  dalam  mencapai  ketuntasan  belajar. Dengan  mengacu  pada  latar  belakang  masalah  diatas  maka  penulis  mengangkat  judul  penelitian  tindakan  kelas Metode Make A Match Terhadap Pengenalan Peralatan Pembersih Bagi Siswa Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 2 Tahuna”.

Bersambung…..

Next, materi…

Rumusan Masalah……

JP, 24 Februari 2019

Views All Time
Views All Time
90
Views Today
Views Today
1

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY