Oleh. Jevery Paat [SMK Negeri 2 Tahuna]

Media  (Alat  Bantu)  Dalam  Pembelajaran

 

 

  1. Konsep Penggunaan  Media  Pembelajaran

Bahan  pengajaran  adalah  seperangkat  materi  keilmuan  yang  terdiri  atas  fakta,  konsep,  prinsip,  generalisasi  suatu  ilmu  pengetahuan  yang  bersumber  dari  kurikulum  dan  dapat  menunjang  tercapainya  tujaun  pengajaran.  Metodelogi  pengajaran  adalah  metode  dan   teknik  yang  digunakan  dalam  melakukan  interaksinya  dengan  siswa  agar  bahan  pengajaran  sampai  kepada  siswa  sehingga  siswa  menguasai  tujuan  pengajaran. Dalam  metodologi  ada  dua  aspek  yang  paling  menonjol,  yaitu  metode  mengajar  dan  media  pengajaran  sebagai  alat  bantu  mengajar.  Sedangkan  penilaian  adalah  suatu  alat  untuk  mengukur  atau  menentukan  taraf  tercapai  tidaknya  suatu  tujuan  pengajaran. Pola  pembelajaran  yang  memanfaatkan  media  pembelajaran  sebagai  sumber-sumber  di  samping  guru  dapat  digambarkan  sebagai  berikut.

 

  1. Media Kartu  Soal  dan  Kartu  Jawaban  dalam  metode  make  a  match

Pada  penelitian  tindakan  kelas  (classroom  action  research)  ini  dengan  metode  make  a  match,  penulis  yang  melakukan  penelitian  secara  langsung  pada  objek  penelitian  dengan  menggunakan  media  pembelajaran  berupa  penggunaan  kartu  soal  dan  kartu  jawaban,  hal  ini  bertujuan  untuk  mengupayakan  minat  serta  aktivitas  siswa  dalam  mengikuti  proses  pemelajaran  pada  mata  diklat  membersihkan  lokasi  area  dan  peralatan  lebih  khusus  meningkatkan  pemahaman  peralatan  pembersih  dan  area  umum  di  hotel.

 

Salah  satu  keunggulan  teknik  ini  adalah  siswa  mencari  pasangan  sambil  belajar  mengenai  suatu  konsep  atau  topik  dalam  suasana  yang  menyenangkan. Langkah-langkah  penerapan  metode  make  a  match   ialah  Guru  menyiapkan  beberapa  kartu  yang  berisi  beberapa  konsep  atau  topik  yang  cocok  untuk  sesi  tinjauan  (review),  satu  bagian  kartu  soal  dan  bagian  lainnya  kartu  jawaban,  setiap  siswa  mendapatkan  sebuah  kartu  yang  bertuliskan  soal/jawaban,  tiap  siswa  memikirkan  jawaban/soal  dari  kartu  yang  dipegang,  setiap  siswa  mencari  pasangan kartu  yang  cocok  dengan  kartunya.  Misalnya,  pemegang  kartu  yang  bertuliskan  nama  klasifikasi  peralatan  pembersih  akan  berpasangan  dengan  kartu  yang  masuk  dalam  kategori  tersebut  contoh  klasifikasi  peralatan  pembersih  manual  kategori  sapu  dan  sikat  ialah:  sapu  lantai  (floor  broom),  sikat  toilet  (toilet  bowl  brush),  dan  lain  sebagainya.  Setiap  siswa  diberikan  kartu  soal  dan  kartu  jawaban  yang  berjumlah  24  kartu  dengan  kategori  a) kelompok  sapu  dan  sikat  sebanyak  4  kartu;  b) kelompok  alat  penampung  sebanyak  4  kartu;  c) kelompok  linen  sebanyak  4  kartu;  d) Area  umum  hotel  sebanyak  4  kartu;  e) area  tambahan  di  hotel  sebanyak  4  kartu;  f) area  departemen  di  hotel  sebanyak  4  kartu,  setiap  kartu  mewakili  beberapa  jawaban  berdasarkan  kategori  yang  sesuai. Siswa  dibagi  menjadi  4  kelompok  dengan  klasifikasi  3  kelompok  yang  beranggotakan  4  orang  siswa  dan  1  kelompok  beranggotakan  5  orang  siswa  karena  total  siswa  pada  kelas  XI  akomodasi  perhotelan  berjumlah  17  orang.  Kegiatan  pemelajaran  dimulai  dengan  guru  mengarahkan  siswa  untuk  mengatur  tempat  duduk  dan  meja  mereka  saling  berhadapan  membentuk  persegi  empat  kemudian  guru  membagikan  kartu  soal  dan  kartu  jawaban.  Selanjutnya  guru  mempersilahkan  seluruh  siswa  dalam  setiap  kelompok  untuk  memulai  permainan  mencari  pasangan  kartu  soal  dan  kartu  jawaban  dengan  aturan  permainan  seperti  yang  sudah  dijelaskan  pada  minggu  sebelumnya  dan  diulangi  sebelum  permainan  dimulai  dengan  materi  mengklasifikasi  area  umum  di  hotel  dan  peralatan pembersih. Setiap  siswa  yang  dapat  mengumpulkan  kartu  soal  dan  kartu  jawaban  sesuai  pasangannya  sebanyak  mungkin  maka  siswa  tersebut  dinyatakan  sebagai  pemenangnya,  dan  berhak  masuk  ke babak  kedua  dengan  materi  pengenalan  peralatan  pembersih. Pada  babak  kedua  pemenang  dari  setiap  kelompok  akan  bermain  dengan  posisi  pengaturan  tempat  duduk  dan  meja  yang  sama  dengan  aturan  permainan  yang  sama, dan  pemenang  pada  babak  kedua  ini  dinyatakan  sebagai  pemenang  dan  akan  mendapatkan  reward   yang  diberikan  oleh  guru. Setelah  proses  pembelajaran ini  selesai  guru  melanjutkan  dengan  mengadakan  evaluasi  dengan  instrument  tes  formatif  dan  presentasi  kemudian  membuat  penilaian  hasil  evaluasi,  selanjutnya  guru  dan  siswa  membuat  kesimpulan  pemelajaran. Jika dalam  kegiatan  pembelajaran  ini  hasil  penilaian  siswa  belum  mencapai  kriteria  ketuntasan  minimal  (KKM),  maka  guru  akan  melaksanakan  kegiatan  pemelajaran  dengan  metode  dan  media  pembelajaran  yang  sama  dengan  pemelajaran  yang  sebelumnya  dengan  mengupayakan  pengelolaan  pemelajaran  yang  lebih  inovasi  dari  pemelajaran  sebelumnya  dengan  tujuan  meningkatkan  pemahaman  siswa  guna  mencapai  hasil  belajar   yang  diharapkan.

 

(Maaf Gambar dan Tabel tidak tercopy)

Tahuna, 1 Maret 2019

 

 

Bersambung…..

 

Kajian Pustaka Bagian III

Views All Time
Views All Time
86
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY