Lanjuntan dari Tulisan Sebelumnya…..

METODE PENELITIAN

Setting Penelitian

Adapun  penelitian  ini  dilaksanakan  pada  waktu  dan  tempat  sebagai  berikut:

  1. Waktu Penelitian

Penelitian  dilaksanakan  mulai  dari  awal  semester  genap  sejak  bulan  Januari  2014  sampai  dengan  bulan  April  2014.  Dengan  rancangan  sebagai  berikut;  bulan  Januari  2014  dilakukan  penyusunan  rencana  kegiatan  dan  penyusunan  instrument  penelitian.  Pada  bulan  Februari  sampai  Maret  2014  dilakukan  tindakan  melalui  dua  siklus,  setelah  data  dikumpulkan  melalui  penelitian  sumber  data  dalam  penelitian  ini  jika  dilihat  dari  asalnya  dapat  dibedakan  menjadi  2  (dua)  yaitu  data  primer  dan  data  sekunder.  Sumber  data  primer  diperoleh  dari  nilai  ulangan  harian.  Data  sekunder  diperoleh  dari  hasil  pengamatan  yang  dilaksanakan  oleh  peneliti  sendiri. Bulan April  diadakan  analisis  data  serta  penyusunan  laporan  penelitian.

 

  1. Tempat Penelitian
  1. Subjek  Penelitian

Subjek   dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XI  Akomodasi  Perhotelan  semester  genap  tahun  pelajaran  2013/2014  .  Jumlah  siswa  adalah   17  orang  yang  terdiri  dari  10  siswa  laki-laki  dan  7  siswa  perempuan, data dapat dilihat pada tabel 4.  Daftar  nama  dan  jenis  kelamin  Siswa  kelas  XI  Akomodasi  Perhotelan  SMK  Negeri  2  Tahuna.

 

  1. Objek  Penelitian 

Objek  penelitian  ini  yaitu  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  dari  mata  diklat  produktif  akomodasi  perhotelan  untuk  mengukur  sejauh   mana  upaya  peningkatan  pemahaman  siswa  dengan  menggunakan  metode  make  a  match  dengan  media  kartu  soal  dan kartu  jawaban  dalam  pembelajaran.

  1. Hasil Yang diharapkan

Hasil  yang  tentunya  diharapkan  dari  penelitian  tindakan  kelas  ini  yaitu  peserta  didik  (siswa)  dapat  mencapai  tujuan  pembelajaran  yang  diharapkan  bersadarkan  kriteria  ketuntasan  minimal  (kkm),  sehingga  upaya  peneliti  dalam  menerapkan  konsep  pembelajaran  melalui  metode  make  a  match  dengan  media  pembelajaran  yang  digunakan,  dapat  merupakan  salah  satu  cara  dalam  menumbuhkan  konsenterasi  serta  keharmonisan  siswa  dalam  belajar,   guna  mengupayakan  minat  belajar  siswa  terlebih  keaktifan  dalam  kehadiran   di  kelas  untuk  mengikuti  kegiatan  belajar  mengajar,  sehingga  berdampak  kepada  kebiasaan  dan  inisiatif  kerja  dalam  pembersihan  area  umum  di  hotel  dengan  penggunaan  peralatan  pembersih  yang  tepat  guna,  juga  nantinya  dapat  diterapkan  menjadi  life  skill  di  lingkungan  dunia  industri  atau  saat  berada  dirumah  sebagai  feedback  dari  hasil  belajar  di SMK  Negeri  2  Tahuna.

Tabel  4.  Daftar  Nama  dan  Jenis  Kelamin  Siswa  Kelas  XI  Akomodasi  Perhotelan SMK  Negeri  2  Tahuna

NO NAMA  SISWA JENIS KELAMIN
LAKI-LAKI PEREMPUAN
1. Abdul  Adondang Ö  
2. Andreas  Madellu Ö  
3. Carolinda  Makikui   Ö
4. Elizabeth Tulumang   Ö
5. Frengky Karendesang Ö  
6. Indra Ransa Ö  
7. Jeknes  Makasar Ö  
8. Marco  Lakada Ö  
9. Meisye  Tiala   Ö
10. Novelky  Bawimbang Ö  
11. Pratiwi Soleiman   Ö
12. Rainold  Bawuas Ö  
13. Sintia  Bangkoang   Ö
14. Syuriani  Sumare   Ö

 

 

Lanjutan Tabel 4. Nama  dan  Jenis  Kelamin  Siswa  Kelas  XI  Akomodasi  Perhotelan SMK  Negeri  2  Tahuna

15. Viska  Macpal   Ö
16. Yohanis  Lengsehe Ö  
17. Zulkifly  Manahumbing Ö  
Jumlah 10 7

Sumber:   Data Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2013/2014

Bersambung…..

Nantikan naskah selanjutnya….

JP.20032019

Views All Time
Views All Time
66
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY