Oleh. Jevery Paat (SMK Negeri 2 Tahuna)

Email : jeverypaat@gmail.com

Abstrak

Hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan bulan Januari s.d April 2014. Peningkatan prestasi belajar siswa dengan presentasi kenaikan kemajuan  hasil belajar sebagai berikut kondisi awal = 54.12 %; siklus I = 58.82%; Siklus II = 78.94. Hasil penelitian  penerapan model pembelajaran  make a match  dengan  kartu soal dan kartu jawaban terbukti  sangat signifikan efektif dan  efisien (1)  meningkatkan  prestasi  belajar  yang  diikuti  dengan  (2)  peningkatan  aktivitas  siswa  serta  (3)  pemunculan  keterampilan  produktif  secara  kooperatif  siswa  dalam  pembelajaran, dan diperoleh peningkatan hasil belajar siswa lewat perolehan nilai sebagai berikut pada kondisi awal nilai tertinggi (70) dan  nilai terendah (00); siklus I nilai tertinggi (90) nilai terendah (00); siklus II nilai tertinggi (96) nilai terendah (00). Dari hasi penelitian yang dilaksanakan melalui  2  siklus, Pada siklus II terjadi  peningkatan  presentasi  hasil  belajar menjadi  78.94%,  dibandingkan  dari  siklus  I  siswa  dengan  presentasi  58.82%, hal  ini  menunjukkan  peningkatan  presentasi belajar pada siswa 20.12%. 

 

Kata Kunci: metode make a match, kartu soal, kartu jawaban, produktif, kooperatif.

 

 

Bersambung ……

Next, …..

Pendahuluan
Latar Belakang Masalah

 

(Nantikan Kelanjutannya)

Views All Time
Views All Time
83
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY