Mewujudkan Lulusan Siswa Kuasai Baca Qur’an MTsN 3 Mataram Adakan Tes Tahsin

0
106
tahsin, baca qur'an, mtsn 3 mataram

Berdasarkan hasil rapat dewan guru pada Kamis (26/9/2019) disepakati bahwa salah satu syarat kenaikan kelas dan kelulusan siswa adalah harus bisa mengaji, harus pintar ngaji, dan harus fasih baca Al-Quran. Artinya bila ada diantara siswa yang tidak pandai ngaji maka yang bersangkutan tidak bisa naik kelas atau lulus. Maka untuk mendukung program ini pihak madrasah akan memanggil orang tua wali murid guna sosialisasi syarat dan kriteria kenaikan kelas.

Demikian dikatakan Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman di hadapan para siswa pada saat pelaksanaan Imtaq Jum’at (27/9/2019) di lapangan madrasah. Bila ditemukan siswa yang belum bisa mengaji akan diminta kepada orang tua untuk mencarikan guru mengaji di rumah, disamping itu pihak madrasah akan mengadakan tes mengaji secara perorangan terhadap siswa oleh guru-guru yang dipilih sebagai tahsin baca Al-Quran, lanjut H. Suparman.

Berkaitan hal tersebut pada hari Sabtu (28/9/2019) usai jam istirahat mulai pukul 10.30 WITA siang diadakan uji coba tes mengaji bagi seluruh siswa MTsN 3 Mataram dari kelas VII hingga kelas IX. Kegiatan tersebut diuji oleh penguji tim tahsin baca Al-Quran sebanyak 17 orang dari guru-guru yang telah dipilih dan ditugaskan oleh Kepala Madrasah, tes dilakukan dalam ruangan kelas masing-masing secara bergantian.

Pembina imtaq Delun S.Pd memberikan arahannya kepada seluruh siswa sebelum memulai tes mengaji bahwa tes mengaji ini bertujuan untuk mendeteksi sejak dini siapa-siapa yang belum lancar bahkan siapa yang belum bisa sama sekali membaca Al-Quran. “Dalam tes ngaji ini ada tiga aspek penilaian yang ditentukan bisa atau tidaknya kalian mengaji yaitu SL (sangat lancar), L (lancar), dan KL (kurang lancar)”, terang Delun.

Apabila ditemukan siswa yang belum masuk kriteria lulus tes mengaji nantinya akan diberikan tindak lanjut berupa pembinaan secara terjadwal dan berkala di madrasah maupun di rumah dibawah pembinaan dam pengawasan orang tua. Dengan pembinaan ini diharapkan seluruh siswa MTsN 3 Mataram mampu menguasai bacaan Al-Quran sehingga dapat mewujudkan salah satu profil dan visi misi madrasah, maka secara otomatis lulusan siswa dapat bersaing dan diterima dengan mudah disekolah maupun madrasah yang lebih tinggi. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
60
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY