MICROSOFT OFFICE 365 KINI SEMAKIN DIKENAL

0
25

Microsoft Office 365 merupakan salah satu produk Microsoft yang sangat luar biasa. Dimasa pandemi seperti saat ini pemanfaatan office 365 sangat diperluka terutama dalam dunia pendidikan. Aplikasi-aplikasi yang ada pada office 365 sangat cocok jika diterapkan saat sekarang ini.
Office 365 pertama masuk di Ketapang sekitar tahun 2018 tepatnya pada tanggal 27 Januari 2018. Waktu itu, ada 2 orang anggota IGI pergi ke Jakarta untuk belajar langsung di kantor Microsoft. Pasca pelatihan itu, para peserta diwajibkan untuk mengadakan diseminasi office 365 daerah masing-masing, sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat Master Trainer Microsoft. Sekitar 2 kali kegiatan yang dilakukan oleh IGI kabupaten Ketapang tentang pemanfaatan Microsoft office 365. Pasca kegiatan-kegiatan itu masih banyak guru yang belum bisa menerapkan di ruang kelas mereka masing-masing. Seperti pelatihan-pelatihan lainnya, para peserta hanya hadir mendengarkan pembicara dan pulang membawa sertifikat, sedangkan praktek di lapangan tidak di lakukan. Seperti inilah wajah dari negeri kita, sebuah pelatihan sebagus apapun, tetapi jika tidak besarkan dengan niat untuk merubah diri, maka hal tersebut hanya akan berakhir di ruangan pelatihan itu saja.
Sekarang ini, semenjak pandemi melanda Indonesia, aplikasi Office 365 seakan-akan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Setiap sekolah yang sudah memiliki website sendiri berlomba-lomba mendeploy demi untuk mendapatkan akun Office 365 secara gratis. Salah satu contohnya adalah SMP Santo Albertus Ketapang yang khusus mengundang IGI untuk melatih para gurunya belajar office 365. Kini Office 365 sudah sangat familiar dengan para guru.
Aplikasi microsoft teams yang dimiliki Office 365 merupakan salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat. Karena aplikasi ini menawarkan banyak fitur di dalamnya yang memudahkan di dunia pendidikan. Dengan Microsoft team guru dan siswa dapat melakukan video conference sehingga proses belajar mengajar bisa dilakukan walaupun guru dan siswa tidak berada dalam satu tempat. Memberikan penugasan, memberikan materi, melakukan absensi juga bisa di lakukan oleh aplikasi ini. Masih banyak lagi kegunaan dari Microsoft Teams ini.
Bagi seorang guru, belajar merupakan kewajiban karena jika tidak maka akan menjadi seorang guru tang jauh tertinggal. Kini jaman sdh semakin canggih kewajiban guru lah menghantarkan para siswanya untuk menghadapi kemajuan teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Ketapang, 7 Oktober 2020
Supriadi
IGI Ketapang

Views All Time
Views All Time
32
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY