MODEL PEMBELAJARAN PKN DENGAN PERMAINAN (GAME) RANKING I (2017)

0
3673

Pembelajaran dengan menggunakan model permainan (game) Ranking I dalam pembelajaran PKn, khususnya materi Norma Dalam Kehidupan Bermasyarakat di kelas VII A SMPN 4 Pelaihari, diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sekaligus mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn. Dengan model permainan (game) Ranking I  diharapkan dapat mengurangi kejenuhan siswa  dan menambah variasi model pembelajaran di kelas, khususnya di kelas VII A SMPN 4 Pelaihari. Kegiatan pembelajaran dengan permainan (game) Ranking I akan dilaksanakan secara rutin setiap kali pertemuan pembelajaran, yaitu sebanyak 4 (empat) kali pertemuan dalam 2 (dua) siklus.

Penyampaian  pembelajaran  dengan  menggunakan  model permaianan (game) Ranking I   untuk meningkatkan  hasil belajar dan keaktifan siswa serta mengefektifkan aktifitas dan peran guru  dalam  pembelajaran PKn dengan materi pelajaran /pokok bahasan Norma Dalam Kehidupan Bermasyarakat    di kelas VII A  perlu dilakukan cara atau tindakan sebagai berikut;

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Menyajikan materi sebagai pengantar melalui tayangan powerpoin
  3. Guru memberikan arahan dan bimbingan yang berkaitan dengan kegiatan model permainan (game) Ranking I
  4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (maksimum 5 siswa)
  5. Siswa melakukan pe permainan (game) Ranking I  

Dari kegiatan permainan (game) Ranking I   itu dimulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapa

Permainan (game) Ranking I ini dilakukan berkelompok. Langkah –langkah permainan (game) Ranking I adalah sebagai berikut :

  1. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok berdasarkan kedekatan tempat duduk, terdiri dari 4-5 orang
  2. Guru membantu siswa menata ruang kelas dalam permainan ini; dan kemudian menyampaikan aturan main (rule of game) permainan Ranking I
  3. Guru membagikan papan tulis jawaban , spidol, dan penghapus kepada masing-masing kelompok.
  4. Setelah semua kelompok sudah siap kemudian guru membacakan soal secara lisan, siswa secara berkelompok menjawabnya dengan menuliskan di papan tulis jawaban. Guru memberikan waktu untuk menjawab dengan menggunakan hitungan angka menurun dari angka tertinggi sampai terendah. Misalnya 10..9…8… sampai 0 ; atau 100…90…80…sampai nol. Waktu yang disediakan sekitar 30-60 detik
  5. Guru meminta kepada semua kelompok untuk mengangkat papan tulis jawabannya ke arah guru/ depan , dan guru memberikan penilaian atas hasil jawaban kelmpok seraya memberikan jawaban yang benar.
  6. Guru menuliskan nilai di papan tulis atau kertas karton yang telah disediakan untuk penulisan nilai, dan demikian pula kelompok menulis nilai pada lembar nilai kelompoknya.

Demikian kegiatan ini berlangsung  sampai semua pertanyaan selesai dan menjawabnya di papan tulis jawabannya.

  1. Guru bersama siswa menjumlahkan perolehan nilai dari masing-masing kelompok, dan kemudian mengumumkan kelompok yang memperoleh nilai tertinggi atau ranking tertinggi dan meminta semua siswa memberikan tepuk tangan. Jika terjadi kesamaan jumlah nilai  antara 2,3, atau lebih pada kelompok , maka ditambah lagi dengan soal /pertanyaan lain sehingga akhirnya diperoleh silisih nilai antara kelompok yang ada.
  2. Guru meminta kepada masing-masing ketua kelompok untuk menyerahkan daftar nilai anggota kelompoknya untuk dicatat pada buku nilai siswa.

 

 

Views All Time
Views All Time
2012
Views Today
Views Today
1
Previous articleCARA GANTI FOTO PROFIL DI BLOG IGI ALA ALUMNI SUMUT SAGUSAKU[2]
Next articleMETODE DAN MODEL PEMBELAJARAN (2017)
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY