MODEL PERMAINAN (GAME) RANKING I

0
3746

Permainan (game) Ranking I adalah permainan menjawab pertanyaan/soal secara tertulis di papan jawaban whaitbord yang telah disediakan dengan menggunakan spidol boordmaker yang mudah dihapus untuk menulis jawaban berikutnya.

Kegiatan permainan (game) Ranking I mengadopsi permainan Ranking 1 dari salah satu stasiun televisi nasional, namun dengan beberapa perubahan dan penyesuaian dengan kondisi sekolah. Pembelajaran dengan menggunakan model permainan (game) Ranking I dilaksanakan secara berkelompok, terdiri dari 3-4 orang. Pembelajaran dengan model permaianan (game) Ranking 1 dilaksanakan secara kelompok, berbeda dengan yang dilaksanakan di televisi. Sedangkan materi soalnya disusun berdasarkan materi pelajaran yang disampaikan kepada peserta didik.

Permainan (game) Ranking I ini merupakan bentuk permainan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan siswa, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dari segi kognitif, permainan ini bertujuan menambah dan memperkuat pengetahuan yang telah diperoleh siswa. Secara afektif, permainan (game) Ranking I mendidik dan menanamkan kebersamaan dan kolektivitas dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian secara psikomotorik, permainan ini memberikan keterampilan dalam bertindak  cepat dan tepat guna pengambilan suatu keputusan.

Permainan (game) Ranking I merupakan cara menjawab soal dengan menuliskan jawaban pada papan jawaban yang telah disediakan dengan waktu yang dibatasi setiap soal. Setelah ditulis jawabannya pada papan jawaban yang disediakan, kemudian dminta untuk mengangkat papan tulis tersebut untuk menunjukkan jawaban dari masing–masing kelompok. Guru menilai setiap kelompok  dari jawaban yang ditulis di papan jawaban tersebut. Demikian seterusnya sampai semua soal  selesai disajikan. Nilai ditulis pada papan nilai yang ditulis di papan tulis atau karton yang sediakan untuk mencatat nilai tersebut.

Langkah –langkah Permainan (game) Ranking I

Secara umum  langkah-langkah dilaksanakan  sebagai berikut :

  1. Mengkaji materi dengan cermat sehingga dapat ditemukan beberapa konsep, definisi, atau pernyataan yang merupakan inti atau esensi materi yang akan diberikan kepada siswa.
  2. Membuat konsep soal yang berupa pernyataan dan pasangannya sedikitnya 10 butir yang mengacu pada Tujuan Pembelajaran (TP) yang akan disampaikan kepada siswa
  3. Menyiapkan papan jawaban yang terbuat dari triplek putih/whaitbord dan spidol untuk masing-masing kelompok.
  4. Membuat kunci jawaban dan skor penilaian yang mengacu pada jumlah soal/pernyataan, misalnya jika jumlah 10 butir soal/pernyataan maka poin per butir soal 100 , jadi 10 x 100 = 1000

Alat dan Bahan Permainan (game) Ranking I

Alat dan bahan yang disediakan untuk pelaksanaan permainan (game) ini adalah :

  1. Papan jawaban yang terbuat dari triplek putih/whaitbord dengan ukuran lebar 20 cm, dan panjang 30 cm
  2. Spidol yang dapat dihapus ( bordmarker)
  3. Penghapus
  4. Kertas karton (bila diperlukan)

Papan jawaban, spidol, dan penghapus disediakan sebanyak jumlah kelompok yang akan dibentuk, atau tergantung dengan keperluan yang ada.

Pembelajaran (game) Ranking I dengan tahapan sebagai berikut :

  • Kegiatan awal :
    1. Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran.
    2. Guru memberikan apersepsi tentang apa itu adat istiadat, kebiasaan, peraturan, hubungan antarnorma, dan memahami pentingnya mentaati norma,kebiasan,dan adat istiadat.
    3. Guru memberikan motivasi belajar koperatif dan kontekstual.
    4. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, masing-masing terdiri dari 3-4 orang.
    5. Guru memberikan tugas LKS tentang materi pelajaran yang disampaikan
  • Kegiatan inti.
  1. Guru menyampaikan pelajaran dan tanya jawab tentang materi yang disampaikan.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa.
  3. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
  4. Guru menyiapkan posisi duduk masing-masing kelompok yang cukup dan jarak yang tidak terlalu dekat.
  5. Guru mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran dengan permainan (game)
  6. Guru memberikan arahan tentang bagaimana cara dan aturan permainan (game) Ranking 1.
  7. Guru memberikan /mengajukan pertanyaan secara lisan dan langsung dijawab secara tertulis pada papan jawaban yang telah disediakan.
  8. Guru memberi tenggang waktu untuk berpikir/dikusi kelompok.
  9. Guru meminta semua kelompok mengangkat papan jawabannya untuk ditunjukkan hasil jawabannya.
  10. Guru melakukan penilaian terhadap jawaban masing-masing kelompok.

Kegiatan guru memberikan pertanyaan sampai dengan menilai jawaban kelompok tersebut dilakukan sampai semua pertanyaan telah disajikan (10 pertanyaan), jika ada kelompok yang sama maka akan diberikan pertanyaan tambahan untuk menentukan posisi ranking masing-masing kelompok.

  • Kegiatan akhir
  1. Guru mengajak kepada para siswa untuk mengadakan refleksi hasil pembelajaran tentang materi pelajaran yang disampaikan.
  2. Siswa diminta untuk mengungkapkan berbagai pengalaman belajar yang diperoleh.

 

=  SELAMAT MENCOBA & BERKREASI=

 

 

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
1012
Views Today
Views Today
1
Previous articleMODEL PERMAINAN (GAME) MKJ
Next articleMENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI AKADEMIK
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY