MTsN 3 Mataram Terpilih Salah Satu Lokasi UKIN Mahasiswa PPG UIN Mataram

0
21

Sebagai mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) di sebuah perguruan tinggi ada beberapa kegiatan yang harus ditempuh mulai dari mengikuti perkuliahan, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama kurang lebih dua minggu dan pada tahap akhir adalah Ujian Kinerja dalam istilah PPG yang disebut UKIN. Uji Kinerja (Ukin) ini sendiri merupakan salah satu bentuk Uji Kompetensi Mahasiswa PPG. Model uji ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan maksimal menuju guru profesional.

Ukin melibatkan sekolah, butuh sarana kelas memadai, jaringan internet, dosen penguji dan guru penguji. Sekolah yang dapat digunakan penyelenggaraan Ukin adalah terakreditasi B, diutamakan A dan memiliki MoU dengan LPTK.

Dalam hal tersebut MTsN 3 Mataram terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan UKIN untuk Mahasiswa PPG UIN Mataram. Sebanyak 20 Mahasiswa PPG UIN Mataram didampingi 2 (dua) orang Dosen Pendamping dan 8 (delapan) orang penguji mengikuti pembukaan UKIN sebelum dimulai yang bertempat di ruang Laboratorium IPA pada Kamis (14/11/2019) pagi.

Pembukaan UKIN dipimpin oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Sihabuddin, S.Pd kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTsN 3 Mataram H. Suparman, M.PdI. Mengawali sambutannya ia mengungkapkan selamat datang kepada seluruh peserta UKIN, para penguji dan pembimbing dosen.

H. Suparman melanjutkan sambutannya di hadapan para peserta, penguji dan dosen menyampaikan beberapa program yang dijalankan oleh MTsN 3 Mataram diantaranya dalam bidang akademik pihak madrasah membuka kelas Uswah atau kelas prestasi bidang sains dan Bahasa yang dijaring dari siswa kelas VII dan VIII dengan tenaga pengajar kerjasama dengan Unram dan UIN Mataram.

Dari segi prestasi tambah Suparman baru-baru ini MTsN 3 Mataram meraih Juara 2 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi sehingga oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Mataram madrasah didaulat menjadi model sekolah sehat untuk Kota Mataram, “Alhamdulillah MTsN 3 Mataram satu-satunya madrasah negeri di Kota Mataram bisa mewakili tingkat provinsi dalam lomba sekolah sehat dan meraih juara”, pungkas Suparman.

Sementara kegiatan pembiasaan sehari-hari bagi siswa Suparman mengungkapkan satu jam sebelum dimulai kegiatan pembelajaran siswa-siswa melaksanakan sholat Dhuha, doa bersama dan Nyampah (sarapan, red) pagi bersama serta kegiatan tahsin Al-Quran bagi siswa yang belum lancar membaca Al-Quran. “Nyampah atau sarapan pagi bersama tersebut merupakan program yang baru dilaunching oleh madrasah tujuannya adalah menjadikan siswa sehat dan konsentrasi dalam belajar “, jelas Suparman.

Mengakhiri sambutannya H. Suparman menyampaikan permohon maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan dan pelayanan bapak ibu Dosen pembimbing, para penguji dan para peserta UKIN UIN Mataram. “Inilah keadaan madrasah kami yang sebenarnya bila ada kekurangan mohon dimaafkan, ambillah yang baik-baik dan buang yang tidak baik”, ucap Suparman menutup sambutannya. (@ruslanwahid)

Salam literasi  !!!

Views All Time
Views All Time
9
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY