Mudahnya Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)

0
4101

Ulangan harian merupakan salah satu alat penilaian untuk mengukur ketercapaian pencapaian materi dalam 1 atau beberapa Kompetensi Dasar (KD). Tugas ini wajib bagi Guru sehingga guru dapat menentukan apakah seseorang siswa sudah “Tuntas” atau “belum Tuntas” pada KD tersebut. Bagi siswa yang sudah tuntas dapat diberi pengayaan dan bagi siswa yang tidak tuntas, harus diberi pembelajaran remedial.

Langkah selanjutnya, guru harus melakukan analisis hasil ulangan harian (AHUH). AHUH dilakukan untuk mengetahui karakteristik soal, mana yang mudah, mana yang sedang dan soal mana yang sulit. Berdasarkan data AHUH, guru dapat mengevaluasi apakah proses pembelajaran, pendekatan/metode pembelajaran sudah berhasil dengan baik atau tidak, disamping itu guru dapat mendiagnosa kesulitan belajar siswa. Di samping itu Guru juga dapat mengetahui tingkat rata-rata pencapaian KD serta soal-soal yang sulit, sedang maupun mudah.

Namun dilapangan, AHUH masih jarang dilakukan karena butuh waktu yang lama jika dilakukan secara manual. Untuk itulah disajikan Aplikasi AHUH untuk memudahkan tugas mulia ini.

Aplikasi ini memudahkan Guru dalam mengerjakan Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH) serta Analisis Butir Soal jenis Uraian. Guru hanya input data Nama Siswa dan skor capaian siswa dalam menjawab soal.

Aplikasi Analisis Ulangan Harian (AHUH) ini merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Cara kerjanya dipermudah sehingga lebih sederhana. Langkah-langkah kerjanya:
1). Input Data Sisw  2). Input Data AHUH  3). Lalukan Sortir Data sehingga data kelas atas dan kelas bawah terurut  4). Copy – Pastekan data kelas bawah ke sheet Proses Copy  5). Selesai

Output Aplikasi:

Kriteria Tuntas/Tidak Tuntas, Ketuntasan Belajar, Kesimpulan secara otomatis muncul. Nilai Reliabilitas, Nilai Validitas, Indeks Kesukaran Soal, Daya Beda Soal dan Tingkat Status Soal otomatis terhitung muncul. 
Manfaat Analisis

Dari hasil analisis ,guru diharapkan memiliki gambaran konkret tentang tingkat kompetensi dan daya serap kegiatan pembelajarannya maupun siswa yang masih butuh bimbingan termasuk siswa yang sudah belajar keras namun belum dapat sampai pada ketuntasan kompetensi yang diharapkan. Setelah mengetahui hasil dari evaluasi ini guru diharapkan dapat menyusun rencana tindakan remedial atau enrichment. 

Download Aplikasi: Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH) Plus Analisis Butir Soal Uraian (download disini).  Untuk melihat video tutorialnya dapat dilihat di Youtobe.

Purnawanto, S.Pd, M.Si; sagusaku Sumatera Utara

Views All Time
Views All Time
2319
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY