Mulai Menulis dari yang Terdekat : Menulis tentang Lingkungan Sekitar

0
13

Bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita sebagai manusia adalah lingkungan sekitar kita, baik yang berupa masyarakat, bangunan, maupun alam. Setiap lingkungan masyarakat dan alam memiliki kondisi, keunikan, karakter, dan keragaman yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Lingkungan sekitar yang sedemikian rupa tersebut dapat menjadi sumber inspirasi dan bahan yang tidak sedikit untuk dijadikan tulisan dalam berbagai genre.

Masyarakat di sekitar kita yang memiliki adat istiadat, tradisi, budaya, dan keunikan lainnya dapat kita jadikan sumber inspirasi dan bahan tulisan. Misalnya kita menulis tentang asal usul masyarakat setempat dengan menggali informasi dari berbagai sumber, baik melalui kajian pustaka, observasi lapangan, wawancara, dan bentuk penggalian informasi lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Kemudian, informasi tersebut kita kembangkan dengan menulisnya sesuai bentuk tulisan yang kita inginkan, seperti sejarah, artikel, dan sebagainya.

Kondisi sosial kemasyarakatan di sekitar yang unik dapat pula menjadi sumber inspirasi lainnya untuk dijadikan tulisan. Tidak perlu kita datang ke suatu tempat yang jauh dan memerlukan tenaga dan biaya, namun cukup melihat dan mencermati kehidupan dari masyarakat yang terdekat dengan diri kita, atau bahkan kita juga merupakan bagian dari masyarakat tersebut.

Mungkin, bagi kita yang hidup menyatu dengan masyarakat tersebut, tidak menganggap masyarakat kita itu adalah sesuatu yang biasa saja, bukan sesuatu yang unik. Namun, persepsi dan pandangan orang lain ketika membaca tulisan kita akan berbeda, dan mungkin saja mereka menganggapnya kehidupan sosial masyarakat kita tersebut termasuk sesuatu yang unik dan menarik. Menurut kita biasa-biasa saja, tetapi menurut orang lain akan berbeda persepsinya.

Sebagai contoh yang penulis dapat berikan tentang kehidupan masyarakat di sekitar kita, misalnya tentang kehidupan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan upacara pernikahan dan resepsi perkawinannya, perayaan hari raya, dan berbagai bentuk upacara adat dan tradisi lainnya. Ketika dipaparkan dalam tulisan yang baik, apalagi disertai gambar, maka sesuatu yang kita angkat dalam tulisan itu akan dapat diketahui oleh banyak orang yang membaca tulisan kita tersebut.

Selanjutnya, menulis tentang alam yang ada di sekeliling kita. Terlepas apakah alam yang ada di sekeliling kita tersebut berupa dataran, pegunungan, perairan, hutan, dan sebagainya. Alam menjadi salah satu inspirasi yang banyak ditulis oleh penulis, apakah dalam bentuk cerpen, artikel, puisi, lagu, dan lain-lain. Alam dapat menjadi latar belakang sebuah tulisan, misalnya dengan menggambarkan atau memaparkan keadaan alam dimana kita bertempat tinggal dan beraktivitas sehari-hari.

Alam memberikan banyak inspirasi bagi yang mau menulisnya dalam berbagai bentuk tulisan sesuai dengan selera dan genre  masing-masing penulis. Tinggal kita saja,  mau atau tidak menangkap makna yang ada dibalik keindahan dan keunikan alam yang dihamparkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tulisan dalam berbagai bentuk dan genre merupakan ekspresi dari penulis untuk mengungkapkan rasa syukur dan menikmati keindahan alam sesuai dengan kemampuannya dalam menulis.

 

 

Views All Time
Views All Time
48
Views Today
Views Today
1
Previous articleMenulis itu Sebuah Komitmen yang Bersumber dari Hati
Next articleLiterasi di SDN Seulimum, Aceh Besar
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY