NEXT PANTUN SISWA SDN MUREU

0
7

Ayam bertelur disiang hari

Emas disimpan dalam peti

Bila kita orang yang pandai

Jangan suka berbuat keji

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

Isi dari pantun diatas adalah orang yang cerdas, pintar serta pandai tidak akan berbuat keji atau jahat perangainya, orang cerdas akan mencari jalan keluar terhadap suatu permasalahan dan tidak akan berperilaku licik terhadap orang lain. Pesan moral dari kajian pantun diatas yaitu bila kita merasa manusia yang pintar dan berakal maka akhlak kita juga harus pintar tidak boleh berbuat jahat kepada orang lain atau kepada makhluk lainnya.

 

Kita berusaha setiap waktu

Nanti dapat seperti emas

Rajin belajar dapat ilmu

Malas belajar tinggal kelas

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Lewat isi pantun penulis menyampaikan bahwa bila kita rajin belajar sudah pasti akan mendapat ilmu yang bermanfaat, dan jika kita malas belajar maka akan tinggal kelas. Pesan moral yang menginspirasi dari kajian pantun diatas adalah rajin-rajinlah belajar agar ilmu kita bertambah dan menjadi pintar serta tidak akan tinggal kelas.

Hari ini pulang kampung

Jangan lupa bawa oleh-oleh

Janganlah lupa engkau sembahyang

Iringi pula dengan sedekah

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Penulis mengingatkan kita semua agar jangan pernah meninggalkan shalat, dan harus banyak juga bersedekah. Pesan moral dari pantun tersebut adalah kita harus taat kepada Allah salah satunya yaitu jangan pernah meninggalkan shalat dalam hidup ini untuk menyembah Allah SWT, tetapi kita juga harus memperhatikan keadaan saudara-saudara disekitar yang membutuhkan uluran tangan kita maka bantulah mereka lewat sedekah.

 

Hari ini makan aren

Juga makan buah mangga

Hari ini hari senin

Ayo kita ikut upacara

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Hari senin adalah hari diadakan upacara disemua sekolah-sekolah di Indonesia, lewat isi pantun penulis mengingatkan kita bahwa telah tiba lagi hari Seninuntukikut upacara bersama.

 

Cukup indah si burung dara

Hinggap menari diatas dahan

Kasih ayah tiada terkira

Kasih ibu sepanjang zaman

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Isi pantun diatas tentang kasih sayang kedua orang tua kita yaitu ayah dan ibu, penulis mengatakan kasih sayang ayah kepada anaknya sungguh tiada terkira dalam mencari nafkah begitu juga dengan kasih sayang ibu tidak akan pernah habis dan tiada dapat terbalas sepanjang zaman.Pesan moral dari isi pantun diatas yaitu sayangi dan hargailah jasa kedua orang tua kita dengan cara berbakti dan tidak pernah menyakiti hati keduanya.

Views All Time
Views All Time
19
Views Today
Views Today
1
Previous articlePANTUN KARYA SISWA SDN MUREU
Next articlePANTUN KARYA SISWA SDN MUREU
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY