NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

0
37

Seorang guru penggerak hendaknya bisa melakukan perbaikan terhadap dirinya. salah satunya dengan cara refleksi diri, banyak dari kita yang menolak untuk bercermin dengan seribu satu alasan. Takut akan adanya perubahan, khawatir dengan masa depan. Padahal kitalah cermin itu sendiri, yang menjadikan tantangan menjadi sesuatu yang harus ditaklukan.
Ada lima nilai dari seorang guru penggerak yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif,Inovatif, serta berpihak kepada anak atau siswa. Jadi, Langkah utama yang perlu diperhatikan sebelum seorang guru atau tenaga pendidik terjun langsung kelapangan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, hal yang harus betul-betul difahaminya adalah tentang nilai-nilai dan peran dari seorang guru penggerak itu sendiri agar mampu mewujudkan kualitas Pendidikan yang lebih maju lagi.
Selain reflektif seorang guru penggerak juga harus Kolaboratif dan Inovatif, saling mendukung dan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat agar memiliki umpan balik demi perbaikan yang lebih baik. semakin banyak mengetahui pengalaman dari rekan sejawat atau pemangku kebijakan di sekolah, semakin kita akan kaya akan pengetahuan. bukankah pengalaman adalah guru terbaik? Maka bertanya, mendengarkan dan berbagi pengalaman akan menjadikan kita lebih semangat dalam berkarya. karena sejatinya guru yang baik akan selalu mengembangkan diri dengan banyak belajar dari semua sumber belajar agar mampu menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk orang banyak.
Selanjutnya kemandirian juga perlu dimiliki oleh seorang guru penggerak, agar dia tidak bergantung terhadap orang lain, mandiri bisa didapatkan ketika dia paham bahwa segala sesuatu harus dia pelajari agar bisa membekali diri. tidak tersesat dan kehilangan arah ketika kesulitan dan akhirnya berani mengambil keputusan dan mampu menyuarakan kebijakan yang mendukung merdeka belajar.
Adapun Peran Guru Penggerak, yaitu: bagaimana menjadi Pemimpin Pembelajaran, Menggerakkan komunitas Praktisi, Menjadi Coach bagi guru yang lain, Mendorong kolaborasi antara guru dan mewujudkan kepemimpinan pada murid.
“Seorang guru Yang mampu menjalankan perannya sesuai nilai-nilai yang dimiliki seorang guru penggerak akan mampu memberikan dampak positif terhadap orang orang dan lingkungan di sekitarnya. Mampu menggerakkan komunitas sekitarnya ke arah yang lebih baik demi terciptanya merdeka belajar”
Apakah ada hubungan antara nilai-nilai dan peran guru penggerak dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara? tentunya sangat erat hubungannya karena Ki Hajar Dewantara menekankan bahwa pendidikan harus berpusat pada murid, pendidikan yang dilakukan harus berhamba pada murid, murid diberikan keasempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya.
Cara yang dapat kita lakukan untuk bisa mewujudkan nilai-nilai guru penggerak dalam diri kita antara lain : 1. Kita harus mampu menggerakkan komunitas disekolah agar para guru selalu mau mengembangkan diri. 2. Kita sebagai guru harus mampu menerapkan merdeka belajar dengan cara menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan 3. Kita harus mampu menerapkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat, memberi kebebasan membangun sendiri pengetahuannya, tidak selalu mengikuti keinginan gurunya dan siswa diberi kebebasan untuk memahami pelajaran sesuai dengan caranya.
Orang- orang yang sangat berperan akan suksesnya seorang guru penggerak dalam menerapkan nilai-nilai guru penggerak dan bisa berperan sebagai guru penggerak adalah kepala sekolah,karena kepala sekolah dapat menggerakkan komunitas disekolah. Dukungan dari teman-teman guru dalam membantu mewujudkan program-program yang telah direncanakan juga sangat diperlukan. Dukungan dari komite sekolah dan dukungan dari orangtua murid juga sangatlah diperlukan oleh seorang guru penggerak. Orangtua murid merupakan sosok penggerak bagi siswa maka harus dilibatkan dalam merancang pendidikan yang lebih terencana.

Views All Time
Views All Time
14
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY