Nilai-Nilai Yang Dapat Dipetik Dari Upacara Bendera

0
57

Pelaksanaan upacara tidak akan berjalan dengan khidmat kalau ada dari petugas maupun peserta upacara yang tidak mengikuti dengan baik. Upacara yang dilaksanakan bukan sekedar rutinitas mingguan saja, berdiri, berbaris, hormat, mendengar amanat pembina kemudian bubar, namun banyak pelajaran yang dapat kita ambil yang pertama adalah melatih diri untuk disiplin.

Demikian salah satu nilai terkandung pada pelaksanaan upacara yang disampaikan oleh Hj. Hasniati Muzayyanah mengawali amanatnya pada upacara Senin (9/9/2019) di lapangan madrasah yang dihadiri oleh seluruh dewan guru, staf karyawan, mahasiswa PPL Unram, IKIP dan UIN Mataram serta seluruh siswa-siswa madrasah MTsN 3 Mataram.

Hasniati melanjutkan bahwa upacara yang dimulai tepat pukul 07.00 pagi kemudian semua berada di lapangan berbaris dengan rapi dan tertib, diatur oleh MC sebagai pemegang kendali proses berjalannya upacara, mengikuti aba-aba yang diberikan oleh pemimpin, kesemuanya untuk melatih diri berdisiplin melalui upacara bendera, tuturnya.

Nilai kedua yang terkandung pada pelaksanaan upacara adalah melatih rasa percaya diri. Menurut Hasniati tidak dipungkiri ketika menjadi petugas pada saat tampil pertama kali pasti ada rasa grogi, rasa malu-malu, namun dengan sering-sering latihan, sering tampil untuk kedua dan ketiga kalinya pasti akan timbul rasa percaya diri, akan mampu seperti teman-teman lainnya, ungkapnya.

Kemudian nilai yang dapat dipetik ungkap Hasniati adalah belajar bertenggang rasa. Artinya ketika terjadi kesalahan yang tidak disengaja pada saat bertugas meskipun sebelumnya sudah berlatih dengan maksimal maka harus ada rasa tenggang rasa yang ditumbuhkan oleh peserta, bukan mengejek atau mentertawakan temannya tapi bagaimana memaklumi agar pada saat menjadi petugas kedepannya bisa lebih baik dari yang dilihat.

Selanjutnya jelas Hasniati hal lain yang bisa kita petik melalui upacara bendera adalah pembelajaran untuk lebih bertanggung jawab. Para pemimpin dan petugas upacara belajar bertanggung jawab terhadap pelaksanaan seluruh rentetan kegiatan upacara dan bagian masing-masing. Peserta upacara bertanggung jawab membuat upacara berjalan dengan lancar dengan mengikuti seluruh prosesnya secara tertib tidak melakukan gerakan selain yang diperintahkan.

Yang terakhir adalah Menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Dikatakan Hj. Hasniati Upacara bendera diharapkan bukan hanya sekedar menjadi ritual rutinitas semata. Namun dengan kegiatan upacara bendera, semoga bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam benak para pelajar. “Bagaimana upacara bendera ini, dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan dengan harta, jiwa dan pikiran yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan Republik Indonesia”.

Demikian nilai-nilai yang dapat diambil dari pelaksanaan upacara bendera yang disampaikan oleh Hj. Hasniati Muzayyanah, S.Ag salah seorang guru bahasa arab MTsN 3 Mataram. (@ruslanwahid)

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY