Ciptakan Kebersihan di Hari Kemenangan

0
20

Alhamdulillah, dua hari lagi Hari Kemenangan itu tiba.
Idul Fitri selalu dinanti oleh setiap umat Islam di seluruh negeri. Yuk simak sebentar curahan hati terkait moment ini.

Setiap Idul Fitri ataupun Idul Adha, lapangan terbuka adalah salah satu tempat yang digunakan umat Islam untuk melaksanakan salat ied bersama. Para jamaah acap membawa koran dari rumah untuk dijadikan alas salat. Tujuannya tentu untuk menjaga kesucian dan kebersihan selama menunaikan ibadah salat ied. Namun sangat disayangkan, setelah usai salat, para jemaah meninggalkan begitu saja koran-koran itu berserakan di area luas tersebut.
Entah apa yang ada di pikiran para jemaah ini.
Kurangnya kepedulian terhadap lingkungan seakan sudah mengakar di pribadi kebanyakan masyarakat kita. Bukan tanpa alasan saya menulis ini, hampir setiap tahun saya menemukan pemandangan tak elok ini. Saya punguti setiap koran bekas alas duduk itu, sekadar memberi teladan ke jemaah yang duduk di sekitar saya, tapi mereka seperti tak paham akan ini, ditinggalkan begitu saja koran itu. Mungkin mereka pikir sudah ada petugas kebersihan di sana. Mereka tidak sadar, kalau mereka sudah mengabaikan hadis yang sudah akrab di telinga kita:

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ
Kebersihan sebagian dari iman.

Padahal, jika setiap jemaah melipat dan membawa kembali koran bekas alasnya duduk itu, mereka sudah melakukan 2 perbuatan terpuji sekaligus: Menciptakan keindahan bagi lingkungan dan Menciptakan kesenangan bagi petugas kebersihan.

Ayooo terus menebar kebaikan karena kelak kita juga yang akan menuainya.

Noerbad 030619

Views All Time
Views All Time
93
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY