OASE PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI Oleh Mujahidah, Guru UPTD SDN Tanjung Dewa Panyipatan, Tanah Laut, Kalsel

0
14

Pendidikan dimasa pandemi Covid-19 ini, mengalami banyak perubahan dari berbagai aspek. Hal ini menimbulkan banyak kebingungan bagi para guru. Perubahan yang terjadipun berlangsung sangat cepat, guru diminta memutar otak untuk tetap menjalankan pendidikan ditengah pandemi ini. Hingga pelaporan hasil belajar selesaipun, pandemi belum berakhir. Sebentar lagi, kita akan memasuki semester baru, tetapi masih ditengah pandemi. Hal ini mengharuskan guru menyesuaikan pendidikan dengan keadaan. Inilah masalahnya, bagaimana bisa seorang guru menyesuaikan pendidikan tanpa ada pelatihan atau sejenisnya.

Ditengah, kebingungan ini, hadirlah webinar Pendidikan dari DISDIKBUD TANAH LAUT. Webinar ini, banyak mengupas permasalahan yang dialami para guru kala pandemi, terkhusus kurikulumnya mengenai empat  standar yaitu standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian beserta solusinya. Selain itu juga, pembahasan mengenai merdeka belajar dan guru penggerak juga disertakan. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan untuk mencapai merdeka belajar dan menjadi guru pembelajaran ataupun penggerak. Namun yang terpenting adalah guru harus mampu meningkatkan kemampuan pengetahuan teknologinya.

Tidak serta merta pada masa ini mengajar harus mengejar materi, akan tetapi yang terpenting penguasaan kompetensi bagi siswa. Baik pembelajaran daring dan luring memiliki kelebihan dan kekurangannya. Selebihnya bisa disesuaikan dengan keadaan wilayah masing-masing. Semua materi dan diskusi saat webinar sangat bermanfaat serta memberikan pencerahan bagi para guru. Webinar ini merupakan webinar pertama yang diadakan DISDIKBUD TANAH LAUT. Apresiasi tertinggi untuk DISDIKBUD TANAH LAUT atas kepedulian terhadap keadaan guru. Semoga adalagi webinar selanjutnya sehingga dapat terus meningkat kemampuan ditengah dan bahkan pasca pandemi nanti.

Views All Time
Views All Time
13
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN KECIL WEBINAR PENDIDIKAN DISDIKBUD TANAH LAUT Oleh Rahmad S, Kepsek UPTD SMPN 1 Bati-Bati, Tanah Laut, Kalsel
Next articleBerdamai dengan Sejarah
Lahir dari keluarga petani dan sederhana di Martapura (Banjar) Kalsel, 5 Nopember 1963. Kini menjalani profesi sebagai guru sejak tahun 1988. Mata pelajaran PPKn/PKn. Saat ini (2017) bertugas di SMPN 4 Pelaihari Kab.Tanah Laut Kalsel. Mulai menulis artikel tentang pendidikan secara rutin sejak tahun 2013. Tulisan artikel banyak dikirim dan terbit pada koran lokal, Banjarmasin Post dan Radar Banjarmasin. Tahun 2015, penulis membukukan artikel-artikel yang pernah terbit pada koran lokal dalam sebuah buku "OPINI SANG GURU" (edisi pertama,2015) lalu buku " OPINI SANG GURU "Edisi Kedua (2017),dan insyaallah akan dilanjutkan dengan buku "OPINI SANG GURU" edisi ketiga ,dan seterusnya.Dalam bentuk tulisan ilmiah, penulis bersama dengan guru-guru Kalsel yang pernah mengikuiti Lomba Inovasi Pembelajaran Kemdikbud tahun 2015, 2016,dan 2017, sedang menyusun dan menerbitkan buku " INOVASI PEMBELAJARAN' ,yang akan diterbitkan dalam beberapa edisi. Setiap edisi terbit diisi oleh 5-6 guru penulis. Buku "INOVASI PEMBELAJARAN" berisi naskah karya tulis inovasi pembelajaran yang pernah masuk worshop dan finalis Lomba Inovasi Pembelajaran, rencananya akan diterbitkan pada akhir tahun 2017 untuk edisi pertama, dan awal tahun 2018 untuk edisi kedua... dan seterusnya. Penulis, bertindak sebagai koordinator pengumpulan naskah tulisan,mengedit, dan mengirimkannya ke penerbit buku di Kalsel. Semoga buku " INOVASI PEMBELAJARAN' karya guru 'Banua' untuk Indonesia akan dapat menginspirasi guru untuk membuat inovasi pembelajaran, menulis, dan membukukannya. Semoga.

LEAVE A REPLY