Optimalisasi Rumah Belajar Menuju Sekolah Berbudaya Digital

0
86

Perkembangan masyarakat menuju modrenisasi ditandai dengan penggunaan teknologi misalnya internet, smart phone dan komputer. Internet, smartphone dan komputer telah membawa masyarakat menuju peradaban digital. Mau tidak mau, suka tidak suka teknologi  akan masuk dan digunakan oleh masyarakat. Hal ini harus direspon secara positif karena teknologi internet dan lainnya ibarat pisau bermata dua. Satu sisi dapat membantu kehidupan manusia dan satu sisi menghancurkan kehidupan. Hal ini tentunya tergantung dari pengguna teknologi.

Penetrasi internet, komputer dan smartphone juga merambah dunia pendidikan. Dunia pendidikanyang seharusnya cepat merespon budaya digital ini dan memanfaatkannya sebagai sumber belajar. Hal ini penting karena pendidikan memiliki tanggung jawab membentuk sumber daya manusia yang yang melek teknologi, namun memiliki budaya digitl yang baik. Sehingga teknologi dapat dimanfaatkan secara baik misalnya sebagai sumber belajar. Pihak yang paling utama dalam dunia pendidikan yang perlu mendapat pencerahan teknologi adalah guru. Sehingga guru dapat mengarahkan siswa, menjadi rujukan dalam penggunaan teknologi sehingga tercipta sekolah dengan budaya digital yang baik.

Salah satu upaya menciptakan sekolah yang berbudaya digital yang baik adalah dengan memanfaatkan RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD. Portal ini dikelola oleh KEMENDIKBUD dengan tagline belajar untuk semua. Rumah belajar dapat diakses oleh guru dan siswa bahkan masyarakat umum .  Belajar dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sehingga jika siswa menggunakan rumah belajar sebagai rujukan mereka akan mendapat banyak sekali keuntungan. Guru dapat lebih atraktif dan interaktif dalam mengelola materi ajarnya, Siswa lebih bersemangat dan mandiri dalam belajar. Orang tua siswa juga dapat memantau sejauh mana materi pelajaran sang anak.

Rumah belajar dengan domain http://belajar.kemendikbud.go.id  memuat berbagai hal antara lain sumber belajar, ebook, bank soal, laboratorium maya, peta budaya dan lainnya. Sehingga dengan memanfaatkan rumah belajar beberapa keuntungan akan  kita peroleh yaitu :

  1. Tersedianya sumber belajar murah dan gratis.halini sangat membatu bagi siswa dan guru yang berada di daerah terpencil yang terbatas dari fasilitas pendidikannya.
  2. Kapan saja dapat digunakan karena menggunakan jaringan internet. Sehingga siswa dapat belajar mandiri secara online.
  3. Semua jenjang pendidikan dapat menggunakannya baik SD,SMP,SMA/SMK.
  4. Bermanfaat untuk pengembangan kemampuan siswa dan guru khususnya dalam bidang teknologi dan komunikasi.

Pemanfaatan rumah belajar ini dapat membuat proses beajar menjadi lebih efektif dan efisien. Namun  bukan berarti kehadiran guru dapat digantikan oleh portal ini. Guru tetap sebagai sumber belajar utama yang terus mengasah kemampuan sehingga tidak terkalahkan oleh teknologi dan konten-konten yang ada pada internet. selain itu guru perlu memberikan pemahaman kewaspadaan dalam penggunaan perangkat digital kepada siswa, sebab nilai dan norma tidak boleh hilang walau belajar menggunakan teknologi.

FADILLAH RAHMI NASUTION S.Sos (Guru SMAN I Galang/Peserta SAGUSAKU SUMUT)

 

Views All Time
Views All Time
209
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY