Pahlawan Adalah…

0
15

Sudah sering kita mendengar bahwa yang dimaksud dengan “Pahlawan” adalah sebuah kata benda. Secara etimologi kata “pahlawan” berasal dari bahasa Sansekerta “phala”, yang bermakna hasil atau buah. Menurut (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran pejuang yang gagah berani.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, kata Bung Karno. Jika berbicara teladan pahlawan kita dengan mudah rasanya untuk mengingat aspek-aspek yang diajarkan di sekolah dulu, seperti berani, nasionalis, patriotis, dan berbagai sifat lainnya yang sejujurnya terasa abstrak di era modern. Tidak hanya dikenang saja namun ada beberapa teladan pahlawan Indonesia yang bisa diaplikasikan ke dunia kerja.

Sifat-sifat nasionalis yang dimiliki oleh para pahlawan bisa diterapkan dalam kehidupan berkarir dan berkarya dimulai dari diri sendiri yaitu dengan menjadi pemimpin untuk diri Anda sendiri dengan manajemen waktu yang baik dan berkomitmen pada goal Anda di tengah-tengah keletihan dan kejenuhan kerja yang dirasakan. Untuk memaksimalkan potensi diri, memupuk rasa percaya diri agar bersinar saat berkolaborasi rekan kerja juga dengan individu dari berbagai lini industri. Pada era mileneal saat ini yang bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia adalah bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk berkarya dan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan dengan memanfaatkan teknologi untuk mencapai puncak kejayaan dalam bidangnya masing-masing.

Keberhasilan dan kesuksesan tidak akan terwujud tanpa adanya usaha dengan bekerja keras, dengan yang tekun, muncul sikap optimis dalam diri dapat menimbulkan dan membentuk diri pribadi yang dinamis dan kreatif dalam berkarya. Diiringi dengan usaha dan doa, mari bersinergi dengan baik pada segala aspek dan sektor demi kelestarian bangsa Indonesia.

Selamat berkarya dan selamat menyambut perubahan dunia dengan selalu beradaptasi dengan mempertahankan dan melestarikan kearifan lokal, dengan swakarsa berarti keinginan atau kemauan sendiri yang muncul tanpa adanya paksaan atau dorongan dari orang lain, swadaya berarti kekuatan atau tenaga sendiri. swasembada berarti suatu usaha untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri. Sehingga memunculkan Swa-swa yang lain.

Semangat menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan Salam literasi…

(Dihimpun dari berbagai sumber)

Views All Time
Views All Time
43
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY