PANTUN KARYA SISWA SDN MUREU

0
8

Sungguh sedap makan dikebun

Ikan teri lawan terasi

Ayo kawan berbalas pantun

Hilangkan sedih lara di hati

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Tidak usah lama-lama bersedih maka untuk menghilangkan rasa lara dan sedih dihati, lewat isi pantun penulis mengajak kawannya berbalas pantun. Pesan moral inspiratif yaitu lakukan hal positif untuk menghilangkan duka di hati.

Bak ie raya bek taboh ampah

Bak  ie tireh bek tatheun bubee

Bek ta meurakan ngoen si paleh

Hareuta teuh abeh geutanyoe binasa

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Makna inspiratif dari pantun dalam bahasa Aceh yang dimaksud oleh penulis adalah jangan pernah berkawan dengan orang yang jahat, pengkhianat serta tidak setia, karena tipe orang tersebut akan menguras atau menghabislkan semua harta kita lalu dia pergi meninggalkan kita begitu saja sehingga akhirnya kita menjadi binasa. Pesan moral dari pantun diatas adalah jangan mudah percaya kepada orang lain, kenali dulu dengan benar orang yang akan menjadi teman kita,dan pilih teman sejati yang benar-benar setia kepada kita.

 

Si mirah pati jipoe lam awan

Cangguk bineh blang sabe di meusu

Ureung durhaka kepada  Tuhan

Keunong hukuman lam apui hu

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Kajian inspiratif dari pantun diatas yang disampaikan oleh penulis tentang manusia yang durhaka kepada Allah SWT, tidak mau menuruti perintah dan melakukan hal yang dilarang Allah SWT, maka hukumannya kelak adalah dimasukkan kedalam api neraka yang menyala-nyala. Pesan moral dari pantun tersebut adalah jauhi semua larangan Tuhan agar tidak menjadi manusia yang durhaka kepada Allah SWT, karena sungguh siksa Allah di akhirat kelak sangat pedih.

 

 

 

 

Sungguh indah warna pelangi

Merah kuning hijau di langit biru

Bertahun sudah hamba rantau diri

Mencari bekal hidup bersamamu

 

Kajian oleh : Mutia Irawati, S.PdI dan Juwita,S.Pd

          Makna inspiratif dari isi pantun yang dibuat oleh penulis adalah tentang kisah orang merantau yang bertahun-tahun di negeri orang demi mencari bekal hidup masa depan dengan seseorang.Pesan moralnya yaitu sabar dan tabah akan membuahkan hasil seperti yang kita impikan.

 

Views All Time
Views All Time
28
Views Today
Views Today
1
Previous articlePANTUN SISWA SDN MUREU
Next articleNEXT PANTUN SISWA SDN MUREU
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY