Pelaksanaan Upacara HAB Depag Ke 74 Kemenag NTB di Lapangan Lanud Zam-Zam Mataram

0
119

Mataram_Inmas- Puncak upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia Ke 74 yang jatuh pada Jum’at (3/1/2020) untuk wilayah Nusa Tenggara Barat dilaksanakan di lapangan Lanud Zam-Zam Rembiga Selaparang Kota Mataram.

Upacara yang dihadiri oleh seluruh ASN Kementerian Agama NTB khususnya Kota Mataram dari unsur guru-guru, staf dan karyawan Kemenag kota/Kabupaten serta para siswa MI, MTs dan MA se-Kota Mataram. Turut hadir dalam upacara adalah Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh sekaligus bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Kakanwil Kemenag NTB H. Nasaruddin berserta jajarannya, Kepala Kemenag Kota/Kabupaten, Kepala Madrasah se-Kota Mataram, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya H. Ahyar Abduh mengutip amanat Menteri Agama RI Fahrul Razi menyampaikan bahwa hari ini adalah tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

Dikatakan Ahyar peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama sebagai bentuk merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama. “Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu”. Ungkapnya

Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan. Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.

Dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, atas nama menteri agama Ahyar mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. “Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional, melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama dan mengawal serta mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat”, jelas Ahyar Wali Kota Mataram yang menjabat dua periode.

Melanjutkan amanat Menteri Agama RI Ahyar menceritakan selama tujuh dekade perjalanan sejarah Kementerian Agama banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai dalam spektrum tugas yang begitu luas, seperti dalam fungsi bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah, pembinaan pengelolaan zakat dan wakaf serta dana sosial keagamaan lainnya, penyelenggaraan ibadah haji, pendidikan agama dan keagamaan di semua jenjang, penelitian dan pengembangan serta kediklatan, pembinaan kerukunan antar umat beragama, penyelenggaraan jaminan produk halal serta penguatan tata kelola manajemen dan organisasi sesuai dengan agenda Reformasi Birokrasi.

Mengakhiri amanatnya Ahyar Abduh meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama atas nama menteri agama untuk memberikan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk selalu dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama.

“Semoga pengabdian saudara-saudara kepada negara, bangsa dan agama selalu mendapat ridla Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Selamat memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 74”. (@ruslanwahid).

Salam literasi !!!

Views All Time
Views All Time
20
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY