PELATIHAN DAN PEMBUATAN PTK SERTA LAINNYA

0
63
Sekdis Kab. Inhil bersama nara sumber

Saat ini guru tidak hanya dihadapkan bagaimana persiapan dalam mengajar baik terkait administrasi yang harus disiapkan, maupun model apa yang bisa diterapkan pada materi pelajaran tertentu. Namun guru juga dihadapkan pada masalah pembuatan karya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap model, strategi, apa yang tepat dalam perbaikan memberikan pembelajaran yang menyangkut pada kualitas siswa dan motivasi siswa dalam belajar. Sisi lain juga guru harus menyusun laporan kredit point untuk syarat kenaikan pangkat baik Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK), Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), Penilaian Kinerja Guru (PKG), dan Pengembangan Diri (PD). Semua saling terkait bagi peningkatan kom0etensi seorang guru.

Mengatasi hal demikian yang menjadi kebutuhan dari setiap guru akhirnya Ikatan guru Indonesia Kab. Indragiri Hilir (IGI INHIL) menghadirkan sebuah program yang mampu menjawab hal yang dibutuhkan guru yaitu “Pelatihan Pembuatan dan penyusunan PTK, KP, DUPAK, PKG, dan PD”.

Acara yang berlangsung selama dua hari (offline dan 1 bulan pendampingan online) dari tanggal 30 – 31 Maret 2019 di SMPN 1 Tembilahan yang dibuka secara langsung oleh Kadisdik Kab. Inhil yang diwakili oleh Faturrahman, S.Pd selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Inhil. Peran IGI Inhil selama 2 tahun hadir di Inhil memberikan warna yang berbeda dan semangat membantu guru-guru dalam meningkatkan kompetensi ini menjadi apresiasi kita selaku disdik Inhil ujar Swkdisdik Inhil saat membuka secara resmi pelatihan yang ditaja oleh IGI Inhil.

Pelatihan yang ditaja IGI Inhil bekerjasama dengan pemerintah daerah dlaam hal ini dinas pendidikan kab. Indragiri Hilir menghadirkan tiga nara sumber yang sudah berpengalaman Bambang Karniyawan, S.Pd., M.Pd (Penggiat literasi, pengurus FLP Riau, Pemimpin Redaksi jurnal Cendekia), Rona Supitmie, S.Pd., M.Si (Instruktur K13, penulis), serta Rina Oktopiani, M.Pd (Dosen UT, Pengurus MGMP Matematika Inhil).

Kegiatan yang diikuti lebih kurang 95 orang dari dua kabupaten yaitu Kab. Indragiri Hilir dan Kab. Indragiri Hulu sekitar 25 orang. Kondisi ini menyatakan bahwa kegiatan ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh guru, bahkan ada pengurus MGMP menyanpaikan dengan ketua panitia pelatihan Guslaini, SSi., M.Pd ingin membuat pelatihan yang sama untuk komunitas MGMP yang dia pegang.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh IGI Inhil menjawab bahwa ini menjadi kebutuhan bagi guru untuk mengerti, memahami, dan berkarya. Kami hanya memfasilitasi guru-guru yang ingin berubah dan berkarya ucap ketua panitia.

Kedepannya IGI Inhil akan lebih bersinergis dengan berbagai pihak manapun yang siap melakukan perubahan dengan inovasi dan kretivitas yang baru terhadap kegiatan yang akan ditaja kedepannya. Programpun sudah disusun dengan baik untuk membantu guru-guru berkarya.

Sesuai motto IGI “Sharing and Growing Together” maka insya Allah IGI Inhil sellau terdepan dalam memfasilitasi guru-guru yang ingin berkarya serta IGI Inhil berkomitmen membantu pemerintah dalam percepatan kemajuan dunia pendidikan.

Salam Literasi

BHP Riau

Views All Time
Views All Time
35
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY