Pelatihan Online

8
306

PENGETAHUAN DAN WAWASANKU

BERTAMBAH DENGAN PELATIHAN ONLINE

Maret 2016 adalah awal mula saya berkenalan dengan yang namanya pelatihan online.  Saat itu diselenggarakan suatu kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut Bapak Gatot H.P selalu direktur Seameo memperkenalkan adanya pelatihan online yang bisa di ikuti oleh guru guru se Indonesia secara gratis.  Kami sangat antusias mengikutinya karena memang pelatihan online masih agak jarang kami dengar. Yang terbiasa hanya pelatihan pelatihan tatap muka langsung, meski pelatihan seperti itupun jarang kami ikuti. Pelatihan peningkatan kompetensi guru selama ini sejujurnya jarang saya dapatkan, terlebih bagi kami guru di sekolah swasta, kesempatan untuk mendapatkan pelatihan itu terbilang jarang.  Kalaupun ada, maka hanya segelintir guru atau pejabat disekolah saja yang biasanya mendapatkan kesempatan untuk itu. Selama ini pelatihan yang ada hanya berkutat kepada mereka seperti kepala sekolah, bagian kurikulum maupun yang menjabat ketua program saja.

Awal Pak Gatot menawarkan pelatihan online sebetulnya ada keraguan juga, apa saya bisa mengikutinya, mengingat basic saya sebagai guru akuntansi yang gaptek terhadap teknologi IT.  Namun, kepiawaian Pak gatot memberikan semangat dan motivasi untuk mencobanya sehingga sayapun  tertarik dan terpacu semangat untuk mengikutinya. Tidak ada salahnya mencoba dan jika ada kendala kan bisa bertanya demikian ucapan Pak Gatot Kala itu yang begitu menginspirasi saya.  Saya merasakan ini sebuah kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Rasa haus untuk mereguk ilmu sebanyak-banyaknya melalui pelatihan sudah terpampang dipelupuk mata, meskipun itu hanya secara online. Dan ini tidak menyurutkan keinginanku, maka dengan mengucapkan bismillah saya mendaftar juga pelatihan online pertamaku yang pada ketika itu saya masuk pada kelas maya batch 2.

Dan alhasil, sungguh pelatihan online pertamaku mengubah semua pandanganku. Dulu yang awalnya saya gagap teknologi, alhamdulillah sedikit demi sedikit sekarang sudah mulai bisa.  Ilmu semakin bertambah, wawasan pun bertambah. Ibarat orang tertidur lelap, saya merasakan saatnya sekarang untuk bangkit, mengembangkan diri dengan cara belajar dan belajar khususnya sebagai bekal saya sebagai guru di sekolah. Ternyata, berkat pelatihan online ini selain mendapatkan ilmu, saya pun mendapat banyak kawan seluruh nusantara, yang memiliki latar belakang yang hampir sama dengan saya. Dan kamipun saling berbagi, saling membantu satu sama lain.

Untuk selanjutnya, pelatihan demi pelatihan online pun saya ikuti, baik yang diselenggarakan melalui kanal pelatihan IGI maupun oleh  Seamolec. Dan Alhamdulillah hingga sekarang ini saya diberikan kepercayaan oleh Pak Gatot untuk mengelola room webex untuk peningkatan kompetensi guru melalui video conference. Terima kasih kepada Seamolec atas sebuah kepercayaan besar diberikan padaku untuk mengelola roomwebex guna peningkatan kompetensi guru. Dengan keinginan berbagi dan demi peningkatan pendidikan tanah air, maka bersama dengan teman teman pengurus IGI mengelola acara video confrerence SADAR IGI ( Saresehan dalam Jaringan ), bersama temen temen  Tim 9 Jogya kami mengelola  acara video conference yang bernama seminar peningkatan kompetensi guru, serta Acara SIDARING ( Diskusi dalam Jaringan ) hingga saat ini.

 

Bogor, 26 Maret 2017

Penulis: Umi Tira Lestari

IGI Kota Bogor

No NTA 201502200000001

Views All Time
Views All Time
260
Views Today
Views Today
1

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY