“PEMBUKAAN PELATIHAN ICT DI GUGUS XII SDN 1INDRAPURI” OLEH: JUWITA,S. Pd

0
8

 

 

KKG AKTIF GURU KREATIF

“PEMBUKAAN PELATIHAN ICT DI GUGUS XII SDN 1INDRAPURI”

OLEH: JUWITA,S. Pd

 

Peran gugus sangat strategis dan efektif untuk kelancaran kegiatan serta pelayanan di dunia pendidikan dari tingkat bawah.Gugus sekolah berperan sebagai wadah kerja sama, baik kerjasama sebagai perpanjangan tangan dengan dinas, sebagai tempat perluasan informasi kepada sekolah imbas untuk sekolah dibawah naungan gugus serta kerjasama untuk melakukan kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi profesional guru dalam bentuk kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG), kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), dan forum Komite Sekolah Tingkat Gugus. Gugus sekolah terdiri dari beberapa sekolah yang letaknya berdekatan serta mudah dijangkau. Sebagai tempat yang mempersatukan beberapa kelompok kerja, Gugus sekolah harus memiliki program –  program yang bersifat inti, dan program gugus bersifat umum  seperti wadah KKG umum,KKG PAI dan K3S.

Tahun pelajaran 2019-2020 pengurus gugus dan pengurus KKG di gugus 12 SDN1Indrapuri diawal tahun ajaran telah selesai menyusun program kegiatan baik KKG umum, KKG PAI dan program K3S.

Kamis 17 Oktober 2019 gugus 12 SDN 1 Indrapuri kembali melakukan kegiatan rutin tahunan selain dari kegiatan rutin mingguan, untuk tahun 2019 hasil kesepakatan warga gugus  yaitu melaksanakan kegiatan pelatihan ICT( Information and Communication of The Technology ), pada acara pembukaan dihadiri oleh semua warga gugus yakni berjumlah 55 peserta terdiri dari 50 guru dan 5 kepala sekolah, pengawas sekolah dan yang terutama adalah sosok pembuka acara yang sudah diundang yaitu Kabid Dikdas Bapak Drs.Imran.

Jam, 10.00 wib acara pembukaan dimulai dipandu oleh protokol ibu Siti Rahmah D,S.PdI, dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh siswa yang pernah meraih  juara 3 MTQ tingkat kabupaten Aceh Besar tahun 2019 dari SDN Limo Irza Maulana, dilanjutkan dengan sambutan pertama disampaikan oleh ketua gugus 12 Bapak Mukhtaruddin, S.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Dinas Pendidikan dan kebudayaan Aceh Besar, atas kehadiran warga gugus  serta  pengawas untuk menyukseskan acara pelatihan, tidak lupa mengapresiasi dengan ucapan selamat sekolah yang mendapat nilai akreditasi terbaik tahun 2019 di gugus 12 Indrapuri. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa moral, karakter dan marwah bangsa harus terus dijaga kompetensi harus terus ditingkatkan untuk  perubahan kearah yang lebih baik lagi, terakhir diharapkan kepada semua warga gugus untuk serius mengikuti kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama  satu minggu kedepan.

Laporan ketua panitia kegiatan oleh Juwita, S.Pd, dilaporkan bahwa kegiatan KKG adalah kegiatan rutin tahunan,,khusus untuk tahun 2019 ini dilakukan pelatihan ICT yang diikuti oleh 55 warga gugus 12 SDN 1Indrapuri, dilaporkan juga bahwa sumber dana dari kegiatan tersebut murni swadaya dari sekolah dalam gugus 12 dimana iuran yang dialokasikan per triwulan berdasarkan jumlah siswa dengan besaran 2.000 rupiah persiswa. Selanjutnya dilaporkan bahwa kegiatan pelatihan tahunan ini juga akan dikeluarkan sertifikat yang ditanda tangani oleh Dinas, dengan harapan pelatihan ini dapat  meningkatkan kompetensi professional guru era revolusi 4.0 khusus bidang ICT serta membantu guru bidang pengembangan diri agar tidak terkendala kenaikan pangkat. Ketua panitia juga mengharapkan saat pelatihan semua guru harus mengikuti dengan serius dan wajib membawa laptop, ucapan terimakasih kepada Dinas pendidikan yang sangat mendukung dan memotivasi, terus jaga kekompakan kita bersama karena mustahil mencapai suatu kesuksesan tanpa dukungan dan rasa persatuan.

Acara inti yaitu pembukaan oleh Kabid Dikdas Bapak Drs.Imran, dalam arahannya beliau menyampaikan sekaligus berpesan kepada para pendidik untuk mengutamakan karakter,jadilah guru pembelajar dengan tiada pernah berhenti belajar, tingkatkan kompetensi dan kapasitas diri, jangan ketinggalan dalam bidang teknologi, serta didiklah anak-anak kita karena mereka hidup di masa yang akan berbeda dengan kita, lestarikan nilai – nilai tradisi dan seni budaya khususnya daerah kita tercinta daerah Aceh. Usai member pengarahan lalu Kabid Dikdas membuka kegiatan pelatihan ICT di Gugus 12 SDN 1 Indrapuri secara resmi.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan program KKG umum, KKG PAI, dan K3S tahun pelajaran 2019-2020 oleh ketua gugus kepada Dinas Pendidikan dan kebudayaan Aceh Besar.

Untuk keberkahan sekaligus penutupan kegiatan diakhiri dengan pembacaan do’a yang dibacakan oleh siswa SDN 1Indrapuri Bilal Al-Farisi.

 

Perjuangan seseorang akan banyak berarti jika dimulai dari diri sendiri dan dilandaskan dengan keikhlasan”!

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
59
Views Today
Views Today
1
Previous articleCATATAN MENGIKUTI KEGIATAN RAPAT KERJA MKKS UPTD SMP TANAH LAUT
Next articleMotivasi Saya Mengikuti Diklat Online Komunitas Guru Indonesia Angkatan 1 Tahun 2019 Materi Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY