PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI, PERLUKAH?

0
23

“Pentingkah Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini?

Pada awal juni silam kita baru saja memperingati hari anak sedunia dengan tujuan untuk mengingatkan dan melindungi hak-hak hidup seorang anak, baik untuk mendapat kasih sayang dari orang terdekat, waktu bermain yang cukup hingga pendidikan yang layak.

Dewasa ini pendidikan karakter bagi anak di usia dini menjadi salah satu kebutuhan mendasar untuk dipenuhi, semakin banyaknya jumlah sekolah anak usia dini disejumlah daerah tentunya menjadi angin segar bagi setiap orang tua bahwa dapat mendapatkan pendidikan yang layak sejak usia dini semakin mudah, terutama pendidikan karakter.” demikian status yang dilemparkan oleh akun Facebook Banjarmasin Post, Senin (17/06/2019).

Kalau dilihat dari pengertian, pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Bisa juga diartikan bahwa pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Oleh karena itu, pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

Dengan demikian pendidikan karakter sesungguhnya tidak mengenal usia dan kedudukan seseorang, pendidikan karakter disemua jenjang usia maupun kedudukan, karena dengan pendidikan yang baik didapat oleh seseorang seperti di usia dini maka akan menjadi fondasi yang kuat untuk mengarungi kehidupan berikut-berikutnya yang serba konflik dan berat tantangannya.

Jadi kalau kita menyadari bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi setiap orang, apalagi bagi anak usia dini. Dengan begitu, maka para guru, dosen, dan orang tua, sudah seharusnya senantiasa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak didiknya sejak dini dan terus menerus agar selalu tertanam nilai-nilai karakter yang baik tersebut sepanjang hidupnya.

Pelaihari, 18 Juni 2019

Views All Time
Views All Time
33
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY