Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring

0
16

Karakter adalah watak seseorang, atau ahlak yang diperoleh dari internalisasi dengan lingkungannya. Karakter seseorang akan menjadi baik apabila didasarkan dengan nilai-nilai moral dan etika yang berlaku dan disepakati di masyarakat. Lickona (1992) “menekankan pentingnya tiga komponen karakter yang baik (components of good character), yaitu moral knowing atau pengetahuan tentang moral, moral feeling atau perasaan tentang moral, dan moral action atau perbuatan moral”.

Pembelajaran Daring itu pembelajaran dari rumah bukan pembelajaran di rumah. Hal ini Guru dan Orang tua berkolaborasi dalam melaksanakan pendidikan anak. Pendidikan melalui Cyberspace pasti menimbulkan; yang pertama persoalan, antara lain jaringan internet yang lemot, sistem pembelajaran Daring dan Luring dapat berjalan efektif jika jaringan internetnya bagus, sebaliknya, ketika jaringan internetnya jelek/buruk, maka secara otomatis proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) online pasti terhambat; yang kedua tantangan bagi, sekolah adalah guru harus mampu memanfaatkan media teknologi dengan presentasi zoom, penugasan via google classroom, pre-test atau post-test dengan quizizz, dan pemberian tugas proyek dengan pemanfaatan Google Drive, dan lain-lain; yang ketiga adanya pandemi memberi peluang pemerataan pendidikan dalam perhatian fasilitas bagi peserta didik; yang ketiga adalah jawaban apakah semua bisa mengikuti pembelajaran daring? ternyata mayoritas siswa mempunyai HP, murid yang tidak memiliki HP menyusul tugasnya saat menjelang ulangan semester.

Bagaimana pendidikan karakter dapat dinilai untuk diterapkan dalam pembelajaran daring ini? Yang bisa dilakukan adalah dengan berkolaborasi dengan orang tua dalam menanamkan karakter rasa disiplin serta tanggung jawab dapat ditanamkan kembali dalam proses pembelajaran. Guru yang tulus mengajar dengan baik dan ikhlas menuntun para siswa yang didampingi orang tua dan keluarga untuk mampu mengukir prestasi dimasa pandemi. 

Semoga bisa menjadikan ladang ilmu, kalau ada pertanyaan atau kritik yang membangun mohon kirimkan email ke : bunda591@gmail.com, terima kasih. Salam literasi. Merdeka!

 

Views All Time
Views All Time
29
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY