Pendidikan dan Teknologi

0
12

 

Teknologi abad 21 menuntut segala sesuatu cepat dan kompleks. Selain mempermudah seseorang dalam bekerja juga praktis dalam pelaksanaannya. Perkembangan teknologi semakin mutakhir juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sdm yang unggul diharapakn mampu bersaing dan berinovasi serta memunculkan gagasan dan penemuan baru. Inovasi dan teknologi baru muncul didorong adanya kebutuhan dan kemauan manusia itu sendiri. Teknologi informasi dan komunikasi sangat banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang untuk menunjang dan mengoptimalkan pekerjaan.

Penggunaan dan pemanfaatan teknologi pada dasarnya memiliki dua sisi yang tidak bisa dihindari, selayaknya hukum universal yang memilik dua sisi. Memilih dan memilah, mempertimbangkan dan mengukur dari penggunaan teknologi. Semuanya tentu perlu proses perencanaan dan percobaan untuk mendapatkan yang ideal. Kontrol dengan standart yang tinggi diharapkan mampu memberikan dampak baik. Berbagai bidang memanfaatkan teknologi sebagai alat yang membantu dari proses perencanaan sampai evaluasi, tidak terkecuali bidang pendidikan.

Abad 21 teknologi informasi di manfaatkan betul dengan sebaik mungkin. Bukan sekedar kualitas yang diperhatikan, kuantitas terlihat dari jangkauan yang luas dengan biaya lebih hemat. Pendidikan dan teknologi di abad 21 ini membentuk sebuah sistem bahkan menjadi ketrampilan abad 21 yang lebih dikenal dengan 4C.

Pemanfaatkan teknologi informasi dalam pendidikan sudah mulai menunjukan peningkatan sangat pesat dari segi kualitas dan kuantitas terlihat dari berbagai platform. Dampak positif yang diharapkan yakni pendidikan yang baik dan merata tanpa dibatasi wilayah terdepan ataupun terluar.

Jaringan internet menjadi perhatian khusus sebagai sarana akses pelayanan dan informasi secara online. Bidang pendidikan memanfaatkan internet sebagai sumber dan media pembelajaran. Pemanfaatan internet dalam bidang pendidikan digunakan dengan baik seperti halnya website sekolah, perguruan tinggi, kantor atau dinas pendidikan, jurnal ilmiah dan lain sebagainya. Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan selain informasi berbentuk digital juga dimanfaatkan seleksi masuk peserta didik, tes/ujian online, pembelajaran jarak jauh dan banyak lagi.

Saat ini banyak kreativitas dan inovasi teknologi untuk pendidikan, tidak seperti awal 2000an yang sangat terbatas pengembangan platform yang beredar di internet untuk media dan sumber pembelajaran. Pada awalnya internet dipenuhi dengan platform untuk keperluan yang lebih luas atau bersifat universal. Pengembangan teknologi bidang pendidikan diharapkan memberikan inovasi dan pilihan media pendidik serta peserta didik melaksanakan belajar pembelajaran.

Website pembelajaran dijadikan sebuah sumber dan media yang dapat dimanfaatkan proses belajar pembelajaran jarak jauh. Website pembelajaran bukan sebagai pengganti pembelajaran klasikal namun sebagai solusi pembelajaran dalam situasi dan kondisi tertentu.

Muhammad Rofiul Alim – https://mr-alim.blogspot.com/

Views All Time
Views All Time
17
Views Today
Views Today
1

LEAVE A REPLY