PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN LAMNGA ACEH BESAR

0
4

PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

DI SDN LAMNGA ACEH BESAR

  1. Perencanaan PPKdi SDN Lamnga

Perencanaan program PPK SD Negeri Lamnga adalah program sekolah yang disusun oleh semua warga sekolah dan stakehoders yang ada di SDN Lamnga. Program ini disusun berdasarkan masukan dari berbagai warga sekolah dan semua pihak yang berkepentingan. Program-program PPK ini diputuskan melalui rapat dewan pendidikan yang di hadiri oleh warga sekolah dan dipimpin langsung oleh kepala sekolah. Program sekolah yang telah direncanakan bersama diharapkan sebagai pijakan dalam mengembangkan mutu sekolah, mampu memberikan inspirasi, motivasi, kekuatan sesuai Visi, Misi dan tujuan sekolah.

Visi SDN Lamnga adalah Terwujudnya warga sekolah yang berakhlakul karimah, disiplin, berprestasi, terampil dan berwawasan IPTEK. Selanjutnya proses pendidikan diarahkan pada penampilan untuk mengembangkan kecakapan peserta didik yang berkarakter.  Hal yang harus dikembangkan dalam perencanaan program PPK yang berbasis budaya sekolah SDN Lamnga antara lain :

  1. Rencana kegiatan pengembangan kapasitas kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter
  2. Branding Sekolah
  3. Nilai utama PPK
  4. Pembelajaran terinterasi dalam kurikulum / intrakurikuler
  5. Kegiatan ekstrakurikuler
  6. Partisipasi orang tua dalam PPK
  7. Partisipasi masyarakat terhadap PPK

 

Program PPK sekolah agar berhasil dengan baik perlu adanya evaluasi secara berkala. Juga perlu adanya system pengawasan dan kontrol yang baik dari semua pihak yang berkepentingan. Komite sekolah berfungsi sebagai alat kontrol tentang pelaksanaan program PPK sekolah apakah sudah sesuai target yang diharapkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah atau belum. Sementara kepala sekolah selaku manajerial sebagai sentral suksesnya program sekolah yang dimanagenya.

Penguatan Pendidikan Karakter  SD Negeri Lamnga  dilaksanakan dengan program perencanaan dan jadwal yang tersusun sesuai hasil keputusan warga sekolah,  memiliki implikasi pada kebijakan pembelajaran di sekolah , berdampak pada penyusunan jadwal pembelajaran, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, penguatan karakter dan budaya sekolah serta dibutuhkannya interaksi dengan wali murid secara lebih terkoordinir.  Di SDN Lamnga kegiatan PPK berbasis budaya sekolah telah berlangsung sejak tahun 2012 hingga kini. Dalam pelaksanaannya tentu saja masih perlu evaluasi demi kelancaran program ini di masa yang akan datang. Jam pelaksanaan kegiata PPK di SDN Lamnga dilaksanakan sebelum dan sesudah proses belajar rmengajar.

  1. Waktu dan Pembiasaan

Peserta didik mulai kelas I s/d VI diharapkan sudah di sekolah pukul 7.30 dengan pembiasaan diantaranya :

 

  1. Pembiasaan budaya bersalaman
  2. Piket kelas
  3. Setiap hari Senin dilaksanakan Upacara Bendera yang wajib diikuti peserta didik dan dewan guru SDN Lamnga ( pada pukul 07.30 – 08.00
  4. Selanjutnya siswa kelas I s/d VI masuk kelas dimulai dengan kegiatan Sarapan Pagi ( Pukul 08.00 – 08.15
  5. Dilanjutkan dengan pembelajaran jam pertama dimulai pukul 08.15 – 10.15
  6. Jam istirahat pertama pada pukul 10.15 – 10.35 selama 20 menit dimanfaatkan peserta didik untuk istirahat, makan bersama, dan lain-lain.
  7. Jam istirahat kedua selama 35 menit pukul 12.35 – 13.10 dimanfaatkan untuk sholat dhuhur berjamaah.
  8. Senam Pagi ( selasa s/d kamis ) pada pukul 07.30 – 08.00
  9. Untuk kegiatan lain sebagai pendukung gerakan PPK di sekolah antara lain pelaksanaan Wirid yasin setiap Jum’at ( pada pukul 07.30 – 08.00 )
  10. Asmaul Husna setiap sabtu( pada pukul 07.30 – 08.00)

 

  1. Perubahan Perilaku Warga Sekolah

Kegiatan penguatan pendidikan karakter ini dilaksanakan atas kesadaran warga sekolah guna terwujudnya sekolah yang diharapkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan sekolah. Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat mendukung kelancaran Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Lamnga Kabupaten Aceh Besar.

Pelaksanaan PPK yang berbasis budaya sekolah di SDN Lamnga telah berlangsung semenjak tahun 2012. Kegiatan tersebut merupakan hasil dari kesepakatan semua warga sekolah untuk menanam kembali karakter budaya bangsa yang telah berkembang lama di Negara kita. Selanjutnya dibaregi dengan pendekatan religious, nasionalis, tanggungjawab, gotong royong dan mandiri.

Setelah dilaksanakan program PPK berbasis budaya  sekolah di SD Negeri Lamnga nampak perubahan – perubahan positif pada siswa, guru dan sekolah diantaranya :

  1. Siswa termotivasi dan bersemangat dalam belajar
  2. Kerajinan siswa, dan guru mencapai rata-rata 99 %
  3. Kedisiplinan siswa dan guru rata-rata 99 %
  4. Kreatifitas siswa dan guru meningkat
  5. Prestasi sekolah sudah Nampak pada kompetisi baik tingkat Gugus, UPTD Kabupaten dan Propinsi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Views All Time
Views All Time
22
Views Today
Views Today
1
Previous articleMENJADI GURU YANG BAHAGIA
Next articleGELORA LITERASI DI ACEH BESAR OLEH : JUWITA,S.Pd
Nama :Juwita, S.Pd Tempat tanggal lahir :Aceh besar 15 Maret 1978 Tempat tugas :SDN 1 Indrapuri Hobi: membaca, menulis, dan bersih-bersih Berstatus kawin dan memiliki 1 putri dan 2 orang putra, Tinggal di Desa Lambunot, Kecamatan Simpang Tiga,Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengecap pendidikan Min Paya Seunara Sabang, Lalu SMP 6 Kota Sabang,SMU di Banda Aceh, Lalu kuliah D-II di STKIP Getsempena. Melanjutkan S-1 FKIP Universitas Serambi Mekkah. Menjadi guru PNS April 2006,pertama mendapat SK di SDN Mureu Indrapuri, setahun kemudian di mutasi ke SDN 1 Indrapuri sampai sekarang,,, Pengalaman selama menjadi guru,,, pernah bersama DBE-2 sebagai fasilitator Sains, Fasilitator di HKI, Guru inti di gugus, dan memfasilitasi beberapa kegiatan di UPTD. Dalam mengembangkan kompetensi pernah mengikuti guru berprestasi tahun 2014, namun hanya mendapat juara 3 tingkat provinsi. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk dapat bergabung di blog.igi yang is the best,,semoga kita selalu sharing and growing together. salam satu hati guruku di Indonesia, ditangan kita ujung tombak bangsa.

LEAVE A REPLY